Batik Tulis Labako Khas Desa Sumberpakem

0 236

Batik Tulis Labako Khas Desa Sumberpakem

Batik Labako merupakan batik ciri khas Kabupaten Jember dengan Motif Daun Tembakau. Setelah batik dikenal secara global sebagai warisan budaya bangsa Indonesia, permintaan batik khas masyarakat Jember ini juga mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan para pengrajin sampai terpaksa menolak pesanan karena terbatasnya stok bahan baku. Salah satu Sentra Batik Tulis Labako berada di Desa Sumberpakem, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember. Ada sebuah UD. Bintang Timur yang sampai saat ini eksis memproduksi dan memperdagangkan batik tulis khas Jember secara Konsisten.

Tidak heran bila setiap bulan ada saja rombongan wisatawan dari dalam maupun luar negeri yang datang ke Desa tersebut untuk mendapatkan batik labako yang diproduksi oleh industri tersebut. Industri rumahan Batik Labako ini, seluruh karyawan yang bekerja adalah warga asli Desa Sumberpakem. Rata-rata pembuat batik adalah ibu-ibu rumah tangga asli warga desa tersebut. Juga ada beberapa pemuda dan laki-laki paruh baya yang menjalankan proses produksi batik setelah ditulis.

Batik Tulis Labako sudah merambah ke kota-kota besar di seluruh Indonesia seperti Surabaya, Jakarta, Bali, dan kota-kota lainnya di luar Pulau Jawa. Batik tulis karya perusahaan tersebut dikagumi oleh setiap wisatawan yang datang ke Desa Sumberpakem. Rasa kegaguman itu muncul karena batik tulis labako sudah menembus pasar luar negeri. Beberapa negara di Benua Amerika dan Eropa juga sudah jadi pasar batik tulis labako buatan UD. Bintang Timur. Ada yang langsung datang ke Desa Sumberpakem, dan ada juga konsumen yang minta dikirim.

Karena peminat dari batik ini sudah semakin banyak, baik dari dalam maupun luar negeri, maka perusahaan tersebut terus menciptakan corak baru. Namun karya-karya batik labako dari Desa Sumberpakem sama sekali tidak meninggalkan Motif khas Tembakau. Konsistensi dalam pembuatan maupun perdagangan benar-benar diutamakan di Sentra Batik Labako di Desa Sumberpakem, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember ini.

Source Batik Tulis Labako Khas Desa Sumberpakem Batik
Comments
Loading...