Batik Tulis Klasik Ukel Gading, Tradisi Turun Temurun Desa Batik Girilayu

0 27

Batik Tulis Klasik Ukel Gading, Tradisi Turun Temurun Desa Batik Girilayu

Desa Batik Girilayu memiliki nama besar dalam sejarah batik maupun karakter-karakter batiknya yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Nama Ukel Gading tersebut juga bukan hanya nama, karena sudah turun temurun Batik Girilayu terkenal dengan hiasan atau isen-isen ukel dan cecek yang begitu rapi dan merupakan ciri khas Batik Girilayu itu sendiri.

Dari maknanya kami ambil filosofi bahwa motif tesebut adalah motif ukel yang begitu mahal, seperti gading yang memiliki kekuatan untuk menunjukkan karakter kemewahan batik tersebut. dan benar saja, dalam sekali melihatnya, batik tersebut sudah mampu memikat kita dari auranya.

Kembali ke dalam motifnya, motif ukel khas Girilayu yang juga sudah terkenal karena ukel satu langkahnya, maksudnya adalah ukel yang tidak putus ketika membatiknya garis ukelnya. Sebenanya motif keseluruhan batik ini lebih pantas disebut motif Wahyu Tumurun dilihat dari unsur-unsur motif utamanya. Namun, kami ingin lebih menekankan kehalusan ukel dalam batik tersebut.

Selain ukel, karakte cecek yang sangat kecil dan rumit menjadi nilai tambah tersendiri, belum lagi proses pewanaan alam yang kurang lebih membutuhkan puluhan kali proses pencelupan semakin membuat batik ini seperti gading yang begitu mewah dan mahal, selain itu sulit untuk didapatkan.

Warna alam menjadi penegasan tersendirii betapa mewah dan elegan batik ini, warna hitam nila khas jogja, dengan motif yang membeikan filosofi sebuah anugerah kehidupan, tentu saja menjadi nilai tersendiri untuk dipakai.

Source http://indonesianbatik.id http://indonesianbatik.id/2018/11/05/batik-tulis-klasik-ukel-gading-tradisi-turun-temurun-desa-batik-girilayu/
Comments
Loading...