Batik Tulis Khas Blitar Peminatnya Hingga Jerman

0 305

Batik Tulis Khas Blitar Peminatnya Hingga Jerman

Tidak banyak yang tahu jika batik tulis yang berasal dari Kota Blitar merupakan salah satu produk usaha kecil menengah di Blitar kini mulai merambah ke berbagai negara dunia. Batik tulis yang merupakan produk asli Indonesia dan sudah diakui oleh dunia, kini banyak diincaran oleh negara-negara eropa salah satunya Negara Jerman. Pengrajin batik tulis asal Lingkungan Sumberdiren, Kecamatan Garum, Silviana Valyanda Yunita Sari mengatakan, batik tulis khas Blitar sudah pernah dikirim ke Negara Jerman. Batik Blitar yang dikirim ke negara Jerman ternyata diminati masyarakat Jerman, selain itu tidak haya masyarakat Jerman saja yang menyukai batik ini tetapi Batik Blitar juga pernah dipesan oleh negara Jepang, Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Silvi menjelaskan, batik tulis khas Blitar memiliki corak yang terinspirasi dari lingkungaan, baik dari adat istiadat, dari alam, bahkan juga dari kuliner wilayah Blitar. Motif Batik Blitar yang diangkat berupa motif bangunan Candi Penataran, Ikan Koi, Kopi, Cengkeh, Buah Nanas, Bunga Anggrek, dan yang terbaru, batik bermotif buah Kakao.

Silvi berharap, batik tulis khas Blitar nantinya bisa meningkatkan sektor ekonomi kreatif dan usaha kecil menengah khususnya di wilayah Blitar. Meski Batik Blitar tak memiliki motif khusus, dengan gaya etnik yang mengangkat kearifan budaya lokal, Batik Blitar nantinya bisa mengenalkan potensi Blitar lebih luas lagi.

Source http://www.suarajatimpost.com/ http://www.suarajatimpost.com/read/11173/20171218/194412/wow-batik-tulis-khas-blitar-ternyata-peminatnya-hingga-jerman/
Comments
Loading...