Batik Tulis Girisari Motif Ukel

0 366

Batik Tulis Girisari Motif Ukel

Bentuk modern merupakan seni hias yang berkembang dari pembaharuan-pembaharuan atau suatu bentuk seni yang dalam penggarapannya didasarkan atas cita rasa baru, proses kreatif dan penemuan. Perubahan nilai dalam masyarakat merupakan salah satu sebab utama dari aspirasi konsumen terhadap barang-barang kebutuhan hidup seharihari. Produksi motif batik modern membutuhkan pengetahuan kreatifitas yang tinggi yakni estetika, produksi, fungsi dan kemampuan untuk tanggap terhadap dinamika pasar.

Secara umum batik modern tampil dalam variasi bentuk produk dan gaya yang amat luas dan bebas, yang dikendalikan oleh perkembangan konsep seni dan kendali pasar, tata letak corak bebas, dan corak berorientasi pada fungsi-fungsi sesuai dengan keperluan dan tuntutan masyarakat modern yakni untuk bermacam-macam kebutuhan. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Ukel.

Motif Ukel, merupakan motif modern yang terinspirasi dari tumbuh-tumbuhan menjalar. Motif ini merupakan hasil kreatifitas perajin yang dikembangkan pada tahun 2007. Motif ini diproduksi oleh Batik Tulis Girisari. Warna yang digunakan menggunakan warna sintetis.

Source http://eprints.uny.ac.id/27622/1/Nita%20Wulandari%2C%2007207241009.pdf
Comments
Loading...