Batik Tulis Girisari Motif Kawung Kombinasi Ceplok

0 170

Batik Tulis Girisari Motif Kawung Kombinasi Ceplok

Bentuk motif tradisional adalah motif yang penyusunannya terikat oleh ikatan tertentu, baik dalam motif utama maupun isen-isennya. Bentuk tradisional merupakan seni hias yang dalam teknik maupun pengungkapannya dilaksanakan menurut peraturan, norma, dan pola yang telah digariskan lebih dahulu dan menjadi kesepakatan bersama serta telah diwariskan secara turun-temurun. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Kawung Kombinasi.

Motif Kawung Kombinasi Ceplok, merupakan motif tradisional yang sudah mengalami pengembangan baik dari segi motif maupun warnanya. Ornamen-ornamen pengisinya sudah dikreasikan namun masih mengikuti bentuk dasar dari motif kawung tradisional. Motif kawung ini mengalami pengembangan, motif parang ini penyusunannya digabungkan dengan unsur motif lain.

Motif Parang yang diproduksi oleh perusahaan Batik Tulis Girisari ini ditambahkan unsur untuk menambah keindahan motif kawung tersebut. warna yang digunakan adalah warna sintetis. Pada bagian bunga dan daun diberikan isen berupa titik dan garis. Pola dari Motif Kawung juga sudah mengalami perubahan. Perubahan motif semacam ini sesuai dengan kreatifitas perajin untuk menambah nilai suatu produk. Motif ini sudah dikembangkan dari tahun 2004.

Source http://eprints.uny.ac.id/27622/1/Nita%20Wulandari%2C%2007207241009.pdf
Comments
Loading...