Batik Tulis Garut Disukai Konsumen Mancanegara

0 75

Batik Tulis Garut Disukai Konsumen Mancanegara

Kabupaten Garut tidak hanya dikenal karena dombanya, jeruk, jaket kulit atau penganan dodol tetapi juga populer karena batik tulisnya. Bahkan Batik Garut yang berkembang sejak 1979 banyak dipesan konsumen mancanegara seperti Belanda, Jepang dan Cina.

Menurut Uba Sri Husadoh salah satu perajin batik, mengatakan pada awalnya batik diproduksi hanya untuk memenuhi pesanan. Namun, dalam perkembangannya batik tulis diproduksi secara besar-besaran. Batik Garut mempunyai ciri khas motif berwarna cerah dan penuh pada sisi lain. Ciri khas ini yang membedakan dengan batik sejenis dari Jawa Tengah. Untuk mengerjakan selembar batik sutra, diperlukan waktu sekitar satu bulan. Sedangkan untuk batik katun perlu waktu dua bulan.

Produk Batik Garut juga tidak hanya berupa kain untuk wanita tetapi juga berupa turunan produk tekstil lainnya seperti kemeja pria, taplak meja hingga bed cover. Setelah dimodifikasi, harga Batik Garut dijual dengan harga Rp 70 ribu hingga Rp 7 juta.

Source https://www.liputan6.com/ https://www.liputan6.com/news/read/98399/batik-tulis-garut-disukai-konsumen-mancanegara
Comments
Loading...