Batik Tulis Di Sendangagung Karya KUBE

0 70

Batik Tulis Di Sendangagung Karya KUBE

Menurut Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang digulirkan Kementerian Sosial dapat meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.

“Kami minta masyarakat dapat mengembangkan aneka usaha guna menambah pendapatan ekonomi keluarga melalui bantuan KUBE itu,” kata Khofifah di hadapan penerima PKH di Kabupaten Lebak.

KUBE (Kelompok Usaha Bersama) Lintang, merupakan salah satu Kelompok Usaha Bersama yang dibentuk atas prakarsa masyarakat untuk mengembangkan batik tulis tradisional khas Sendangagung. KUBE Lintang dibentuk sekitar tahun 2014 yang beranggotakan sebanyak 11 orang, terdiri dari Anifatul Nur khozizah Rofiatul Arifah, Zuliyatin, Artutik, Naimah, Suminta,  Sukaemi, Sugiarti, Muniroh, Feni Ristiana  dan Trubus Mahendra.

Di bengkel membatik mereka RT 03 RW 03 kawasan Kampung Babrian memaparkan bahwa” KUBE Lintang dibentuk sekitar tahun 2014 dengan anggota 11 orang, dan sampai sekarang masih berjalan” Begitu jawab Ani, salah satu anggota KUBE. Di bengkel kerja itu, mereka sehari-hari bekerja. Kadang juga yang lainnya dikerjakan dirumah. “Dalam dua hari dapat satu motif batik itupun yang tidak full batikannya,kalau full ya bisa lama” begitu imbuhnya.

Kalau soal pemasaran produk, mereka menitipkan di showroom Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lamongan ) yang kantornya berda di timur Bank Daerah Lamongan kawasan Jalan Lamongan-Surabaya, lewat jejaring sosial Facebook dengan akun Batik Tulis Sendangagung Lintang Collection serta blog www.batiktulis-lamongan.blogspot.com, kadang juga door to door.

Source http://sendangagung-lamongan.desa.id/ http://sendangagung-lamongan.desa.id/2016/04/13/kube-lintang-kube-nya-batik-tulis-sendangagung/
Comments
Loading...