Batik Tulis Desa Kebon

0 190

Batik Tulis Desa Kebon

Batik tulis yang berasal dari Desa Kebon merupakan salah satu motif batik asli Kabupaten Klaten. Sesuai namanya, batik tulis Desa Kebon berlatarbelakang kehidupan masyarakat setempat yang mengandalkan hasil kebun. Ketua kelompok Batik Tulis Kebon Indah, Ibu Suminah mengatakan motif batik Desa Kebon banyak didominasi bentuk dedaunnya tanaman yang banyak di kebun. Misalnya saja daun pepaya, singkon, hingga tanaman obat seperti tentir.

Meski sederhana, namun motif yang dihasilnya sangat menarik karena bertemakan alam. Selain itu, dipadupadankan teknik pembatikan yang sudah biasa dilakukan pembatik di Desa Kebon menghasilkan produk yang diminati hingga mancanegara. Banyak motif yang dihasilkan oleh perajin, kebanyakan kontemporer dengan mengambil motif alam. Tapi ada juga batik motif klasik yang dibuat di Desa Kebon, karena awalnya memang berangkat dari klasik.

Untuk proses pewarnaan sejak awal produksi tahun 2010 lalu, kerajinan batik tulis Kebon sudah memanfaatkan pewarna alami. Hal ini menjadi nilai unggul batik tulis khas Desa Kebon. Pewarna alami yang digunakan terus dikembangkan. Memang dikhususkan menggunakan pewarna alami agar tetap terlihat klasiknya.

Source http://jogja.tribunnews.com/ http://jogja.tribunnews.com/2017/10/02/inilah-makna-motif-batik-asli-klaten-batik-tulis-desa-kebon
Comments
Loading...