Batik Tulis Desa Girilayu, Motif Alas-Alasan Bertema Klasik yang Semakin Populer

0 82

Batik Tulis Desa Girilayu, Motif Alas-Alasan Bertema Klasik yang Semakin Populer

Untuk tahun pembuatan dan motif yang digunakan, tentu saja batik tulis motif alas-alasan ini merupakan batik kontemporer. Hanya saja warna dan corak sogan tetap mengikuti warna klasik yang sudah turun-temurun diwariskan kepada para pembatik.

Banyaknya motif kontemporer ini akibat dari sulitnya untuk membuat motif-motif klasik yang penuh dengan pakem dan aturan tidak tertulis yang harus diikuti. Selain itu membuat motif klasik tidak bisa hanya dalam hitungan hari, bisa jadi lebih dari sebulan untuk membuat motif klasik batik tulis.

Oleh karena itu, batik motif kontemporer menjadi semakin diminati karena berkaitan dengan waktu pembuatan dan kemudahan untuk membuat motif-motif batik kontemporer, salah satunya adalah motif alas-alasan tersebut.

Motif alas-alasan berarti menceritakan suasana alas atau secara harafiah berari hutan, dan tentu saja di dalamnya banyak sekali motif daun, bunga dan hewan-hewan hutan yang dibingkai dalam satu motif batik tulis.

Dilihat dari motifnya, tidak ada yang menjadi subjek utama, namun semuanya seperti saling melengkapi satu sama yang lain untuk menghasilkan suasana hutan yang tenang dan damai. Unsur-unsur bunga masih mendominasi motif batik tersebut, dan mungkin akan ada latar daun dan unsur burung yang hanya bertugas melengkapi motif tersebut.

Kebanyakan motif alas-alasan menggunakan latar hitam atau juga latar warna polos. Karena akan mempermudah dan mempercepat pembuatan motif tersebut, meskipun ada juga yang menggunakan latar motif klasik seperti truntum dan kawung untuk mempertegas unsur klasiknya.

Sebagian besar motif alas-alasan tidak memiliki motif geometris, namun ada juga yang menggunakan pola geometris meskipun dengan unsur pengulangan yang memiliki skala lebih besar. Tidak ada pakem dalam batik kontemporer, namun keindahan dan pesonanya masih bisa kita nikmati.

Beralih ke warna yang digunakan, warna sogan cerah yang digunakan membawa suasana sogan klasik Surakarta dan Mangkunegaran. Warna cerah tersebut menguatkan tema alas-alasan yang dilukis di dalam motif batik ini. dan dalam pengembangannya, akan muncul warna-warna diluar warna sogan yang bisa terlihat begitu menarik.

Batik tulis tersebut cenderung tidak memiliki filosofi tertentu selain menceritakan bagaimana tenang dan damainya suasana hutan. Atau suasana pedesaan yang begitu kental juga di Desa Batik Girilayu. bukan berarti batik ini tidak memiliki cerita tersendiri, karena filosofi asalnya dari para pembatik.

Kelebihan batik tulis ini adalah batik ini memiliki warna yang cerah dan cenderung dengan harga yang lebih murah daripada batik-batik pakem klasik. Selain itu, seperti batik kontemporer lainnya yang menuntut kreatifitas para pembatik untuk mengembangkan motif yang sudah dibuat menjadi motif yang lebih indah menghasilkan motif yang berkualitas.

Didukung dari para pembatik di Desa Girilayu yang begitu berpengalaman, batik motif alas-alasan seperti ini menjadi salah satu generasi baru perkembangan batik tulis yang berminat dengan motif batik kontemporer. Ditambah lagi batik ini mampu didapatkan dengan harga yang lebih murah.

Sedangkan kekurangan yang bisa kita lihat adalah, motif yang cenderung tidak memiliki pakem (bebas) memberikan kesan banyak ruang kosong di dalam batik itu sendiri. Ditambah lagi penggunaan motif yang besar dan juga canting yang besar seakan menghilangkan karakteristik batik yang populer dengan cecek dan ukel yang begitu sulit.

Namun, bukan menjadi masalah, karena semua itu merupakan hasil seni dan budaya yang kita sendiri harus mengapresiasi segala hasil kerja keras mereka dengan semestinya. Karena mungkin kita sendiri tidak akan bisa membuatnya.

Sebagai penutup, perlu kalian tahu, batik motif alas-alasan ini juga sudah banyak dipakai sarimbit ketika pernikahan anak muda zaman sekarang, jadi jangan lupa menikah, jangan lupa memakai batik, dan dengan membeli batik dari kami, secara tidak langsung kalian sudah memberikan donasi kepada kesejahteraan para pembatik.

Source http://indonesianbatik.id http://indonesianbatik.id/2018/10/20/batik-tulis-desa-girilayu-motif-alas-alasan-bertema-klasik-yang-semakin-populer/
Comments
Loading...