Batik Tulis Daun Singkong

0 134

Batik Tulis Daun Singkong

Batik Tulis Motif Daun Singkong mulai dibuat pada tahun 2010 atau pada awal berdirinya industri Kebon Indah. Motif Daun Singkong ini menjadi motif khas industri Kebon Indah karena singkong merupakan tanaman dan bahan makanan yang sangat akrab dengan masyarakat desa. Motif yang menjadi ciri khas industri kebon adalah Motif Daun Singkong. Batik Kebon Indah adalah persatuan dari satu desa, satu desa dibagi 5 kelompok. Singkong merupakan tanaman yang akrab tumbuh atau ditanam di kebun. Umbi singkong merupakan bahan makanan yang sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Umbi singkong dikenal juga sebagai makanan tradisional terutama di kampung atau di desa. Daun singkong pun sangat akrab dengan masyarakat sebagai sayuran sehari-hari. Oleh karena itu tidak heran jika Motif Daun Singkong dijadikan sebagai motif khas industri Kebon Indah.

Hal tersebut yang mendasari ibu-ibu yang menjadi bagian dari industri Kebon Indah untuk menciptakan motif daun singkong dan menerapkannya menjadi kain batik. Oleh karena itu, motif daun singkong dijadikan sebagai motif khas industri Kebon Indah. Selain itu, sebagai bukti atau penguat motif ini sebagai motif khas industri Kebon Indah, sejak awal berdirinya pihak industri telah mengajukan hak paten terhadap motif ini. Tidak hanya motif daun singkong, motif yang lain pun telah diajukan hak paten penciptaannya ke Balai Batik Yogyakarta, namun surat keterangan hak patennya sampai saat ini belum dikeluarkan. Hak paten ini bertujuan untuk membuktikan bahwa-motif tersebut merupakan karya industri Kebon Indah.

Batik Tulis Daun Singkong memiliki bentuk motif yang persis seperti daun singkong asli. Satu tangkai daun singkong terdiri dari tujuh helai daun yang bersambung. Begitu pula dengan motif utama Batik Tulis Daun Singkong, terdiri dari tujuh helai daun dengan ujung yang runcing. Oleh karena itu, motif utama ini terkesan kaku. Sampai saat ini, kain batik dengan Motif Daun Singkong ini masih diproduksi. Selain gambar daun singkong sebagai motif utama, ada juga gambar lain sebagai motif penunjang dari batik tulis ini yakni gambar garis lengkung yang memiliki kesan berbeda dengan motif daun singkong atau motif utama tersebut.

Source http://eprints.uny.ac.id/17465/1/SKRIPSI-Nilai%20Estetik%20Batik%20Tulis....pdf
Comments
Loading...