Batik Tulis Daun Lombokan

0 93

Batik Tulis Daun Lombokan

Batik Tulis Daun Lombokan berbeda dengan Motif Daun Lombok Kecil, Motif Daun Lombokan terdiri dari motif daun lombok yang besar dan kecil. Oleh karena itu, motif ini disebut Motif Daun Lombokan. Lombokan berarti seperti lombok yang terdiri dari lebih dari satu. Motif Daun Lombokan ini terinspirasi dari gabungan daun lombok rawit dan daun lombok hijau (besar). Motif utama Batik Tulis Daun Lombokan di atas adalah Motif Daun Lombok Besar yang digambarkan berjumlah lima helai daun dalam satu tangkai atau ranting. Bentuk motif utama ini terkesan kaku karena terbetuk dari garis zig- zag.

Berbeda dengan bentuk motifnya, secara utuh motif ini terkesan luwes dan “hidup” karena antara motif daun yang satu dengan yang lainnya dihubungkan oleh garis lengkung. Garis lengkung inilah yang menimbulkan kesan luwes dan tidak kaku. Gabungan motif utama dan motif penunjang batik tulis daun lombokan. Motif utama ini adalah Motif Daun Lombok Kecil yang digambarkan berjumlah tiga helai daun dalam satu tangkai. Pada bagian tengah atau pangkal ketiga daun terdapat bentuk lingkaran. Bentuk motif utama ini terkesan kaku. Motif penunjang ini disebut bunga bertangkai yang tersusun dari bulatan-bulatan pada satu tangkai.

Motif penunjang yang satu ini berbentuk kupu-kupu yang tersusun dari gabungan garis-garis lengkung. Motif penunjang ini terbentuk dari garis-garis lengkung namun terkesan sangat kaku. Hal ini terjadi karena tarikan garis lengkungnya tidak bebas untuk mendapatkan bentuk seperti kupu-kupu tersebut. Selain garis, unsur pada motif penunjang juga terdapat titik-tik yang disusun teratur.

Source http://eprints.uny.ac.id/17465/1/SKRIPSI-Nilai%20Estetik%20Batik%20Tulis....pdf
Comments
Loading...