Batik Tulis Daun Lombok Kecil

0 66

Batik Tulis Daun Lombok Kecil

Banyak konsumen suka dan membeli dengan produk batik tulis karya industri Kebon Indah. Mereka memiliki selera masing-masing dengan batik. Industri Kebon Indah pun tidak bisa memprediksi konsumen lebih menyukai motif yang mana. Batik Tulis Daun Lombok masuk kedalam kategori batik tulis dengan motif yang sangat diminati atau disukai oleh konsumen atau pecinta batik. Pengrajin industri Kebon Indah dibagian nyanting ini juga menyatakan bahwa kain batik yang paling sering dicanting adalah kain batik dengan Motif Daun Lombok Kecil.

Batik tulis ini terinspirasi dari tanaman lombok rawit yang memiliki buah yang lebih kecil daripada jenis lombok yang lainnya sehingga kain batik ini dinamakan batik tulis daun lombok kecil. Lombok rawit adalah bumbu dapur yang sangat penting bagi masyarakat disamping bumbu yang lainnya. Oleh karena itu, tidak heran jika tanaman lombok yang diwakilkan oleh daunnya diabadikan dalam suatu motif.

Tampak pada gambar di atas bahwa motif daun lombok kecil digambar pada satu tangkai dengan tiga helai daun. Gambar tulang daun lombok kecil menggunakan garis dan titik-titik yang apabila diterapkan pada batik tulis disebut isen-isen. Kemudian, pada bagian bawah tangkai terdapat motif penunjang yang berbentuk seperti rantai. Bentuk rantai ini memiliki kesan yang sama dengan lombok yakni kesan tegas atau kuat.

Source http://eprints.uny.ac.id/17465/1/SKRIPSI-Nilai%20Estetik%20Batik%20Tulis....pdf
Comments
Loading...