Batik Tulis Dari Jawa Merambah Dunia

0 182

Batik Tulis Dari Jawa Merambah Dunia

Sekarang batik khususnya batik tulis, sudah jadi tren karena luwes yang dipakai dalam berbagai acara. Terlebih dengan keunikan batik tulis yang tidak akan pernah sama corak dan goresannya. Sehingga wajar bila masing-masing daerah mempunyai ciri khas. Seperti perajin batik tulis di Dusun Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Di desa ini hampir semua kaum perempuan mulai dari anak-anak hingga ibu rumah tangga bekerja sebagai perajin batik dengan berbagai motif yang menarik. Masyarakat dusun sebelah Utara Makam Rajaraja Imogiri ini menekuni usahanya secara turun temurun sejak zaman jayanya Keraton Yogyakarta hingga saat ini.

Pada akhir Januari 2016 Ratu Denmark, Margrethe II beserta rombongan sempat mengunjungi Balai Besar Kerajinan Batik di Jalan Kusumanegara, Yogyakarta. Kunjungan tersebut diharapkan membangkitkan batik tulis tanah air. Apalagi usai kunjungan itu Ibu Ratu mengaku tertarik dan terkesan dengan batik tulis Yogyakarta.

Ratu Denmark tertarik dengan salah satu motif batik warna biru karena mengetahui dibuat secara alami tanpa bahan kimia. ”Ibu ratu tahu, mana batik tulis dan mana batik yang menggunakan warna alami maupun batik yang menggunakan pewarna kimia,” ujar Kepala Balai Besar dan Kerajinan Batik Yogyakarta, Zulmalizar, ketika itu. Ratu Denmark tertarik dengan berbagai Motif Batik tulis khas Yogyakarta, seperti Parang Kancing, Padas Gempal, Parang Pamor, Kambil Cukil, Semen Kembang Terong, Jamblang, Keladuk Manis dan beberapa motif lainnya. Kelebihan batik tulis, hasilnya lebih halus dan warnanya bagus.

Source Batik Tulis Dari Jawa Merambah Dunia Batik
Comments
Loading...