Batik Tulis Ciwaringin Cirebon, Setia pada Pewarna Alami

0 73

Batik Tulis Ciwaringin Cirebon, Setia pada Pewarna Alami

Pewarnaan batik Ciwaringin dihasilkan dari beragam tanaman yang didapat dari lingkungan sekitar di antaranya batang mangga, indigo, kulit rambutan, serta kulit jengkol. Tanaman tersebut lantas melalui proses pengolahan hingga dapat digunakan sebagai pewarna. Misal, kulit rambutan atau batang pohon mangga direbus hingga lebih dari 7 jam sampai warna kulit tersebut muncul, kemudian disaring lalu dimasukkan ke wadah. Air rebusan itulah yang digunakan sebagai pewarna kain. Untuk mendapatkan warna yang baik, pencelupan kain dilakukan secara berulang.

Masing-masing tanaman tersebut menghasilkan warna berbeda. Kulit jengkol dan batang mahoni misalnya, bisa menghasilkan warna cokelat.  Batang mangga menghasilkan warna hijau. Meski batik tulis Ciwaringin sudah dikenal bahkan hingga mancanegara, tapi jumlah pembeli masih terbatas. Pada umumnya, pembeli berasal dari luar negeri atau konsumen lokal kelas atas. Sedikitnya pembeli dikarenakan harga batik Ciwaringin yang relatif mahal. Satu lembar kain bisa mencapai jutaan rupiah. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya yang makan waktu lama.

Lamanya proses produksi karena kain batik harus dicelup dengan pewarna alami secara berulang untuk menghasilkan warna yang bagus. Bahkan, untuk menyelesaikan satu lembar kain batik tulis membutuhkan waktu seminggu. Itu pun jika warna yang digunakan tidak banyak dan dengan motif yang sederhana. Memang, batik tulis Ciwaringin istimewa bukan hanya karena prosesnya yang butuh waktu lama, tetapi juga karena kekayaan dan kekhasan motifnya. Motif batik Ciwaringin tidak sembarangan, di dalamnya terkandung kearifan lokal. Motif yang banyak dibuat perajin antara lain motif batik pringsedapur, sapu jagattebu sekeretpecutan, dan lain-lain.

Motif batik sapu jagat misalnya, mengandung makna kebersamaan. Sementara motif pecutan yang bergambar daun panjang berarti pemberi semangat. Motif batik tersebut dapat menjadi pegangan hidup bagi penduduk desa dan masyarakat pada umumnya.

Source https://1001indonesia.net/ https://1001indonesia.net/batik-tulis-ciwaringin-cirebon/
Comments
Loading...