Batik Tulis Cirebon Seharga Dp Rumah Ini Laris Manis Di Jepang

0 24

Seni adalah sesuatu yang menciptakan hubungan emosional antara seniman dan audience. begitu diungkapkan Leo Tolstoy. Seni adalah karya mahal yang patut dihargai karena ide brilian dan proses yang terjadi didalamnya.

Ninik Masuni Masina, pengrajin asal Cirebon memproduksi batik tulis yang paling murah seharga Rp. 50.000, tapi ada juga yang dijual seharga uang muka rumah KPR yakni Rp. 30 juta. “Yang bikin mahal adalah proses pengerjaannya. Bahannya tidak seberapa, hanya Rp 50.000 sampe Rp. 140.000,” ujarnya “Hampir 80 persen barang saya pesanan dari Kyoto, 20 persennya lokal, ” jelas dia kepada wartawan saat ditemui di tokonya, Desa Trusmi, Plered, Cirebon.

Harga selangit justru membuat batik ini memiliki pesona sendiri. Ninik mengklaim peminat batik tulis ini masih sangat banyak. Dia menyebut, langanannya bukan hanya dari dalam negri, tapi juga dari negri Sakura. Bahkan, lebih banyak pemesanan dari Kyoto, Jepang, daripada dari dalam negri. Meski demikian, Ninik berharap konsumen dalam negri juga memiliki minattinggi terhadap batik dibanding negara lain.

Source https://tabinaco.net https://tabinaco.net/batik-tulis-cirebon-seharga-dp-rumah-ini-laris-manis-di-jepang
Comments
Loading...