Batik Tulis Cirebon Laris Manis Di Jepang

0 14

Batik Tulis Cirebon Laris Manis Di Jepang

Seni adalah sesuatu yang menciptakan hubungan emosional antara seniman dan audience. Baginya seni adalah karya mahal yang patut dihargai karena ide brilian dan proses yang terjadi di dalamnya. Bagi Ninik Masuni Masina, pengrajin batik asal Cirebon.

Jika batik yang dihasilkannya dibanderol mahal. Batik tulis yang diproduksinya paling murah seharga Rp 50.000, tapi ada juga yang dijual seharga uang muka rumah KPR yakni Rp 30 juta. Bukan tanpa alasan dia menjual batik semahal itu.

Salah satunya karena proses pembuatan yang memakan waktu 1 tahun. batik itu dikerjakan 4 orang untuk 1 kain berukuran 2,65 meter x 1 meter dalam 1 motif. Dari setahun proses pembuatan batik tulis itu, 7 bulan untuk nembok/memblok warna dasar, 2 bulan untuk menggambar, 2,5 bulan untuk memberi motif dan 2 minggu proses pencucian.

Harga selangit justru membuat batik ini memiliki pesona sendiri. Ninik mengklaim peminat batik tulis ini masih sangat banyak. Dia menyebut, langganannya bukan hanya dari dalam negeri, tapi juga dari negeri sakura. Bahkan, lebih banyak pemesan dari Kyoto, Jepang, daripada dari dalam negeri. Ninik berharap konsumen dalam negeri juga memiliki minat tinggi terhadap batik dibanding negara lain.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/uang/batik-tulis-cirebon-seharga-dp-rumah-ini-laris-manis-di-jepang.html
Comments
Loading...