Batik Tulis Cilacap Yang Telah Mendunia

0 155

Batik Tulis Cilacap Yang Telah Mendunia

Sentra produksi batik yang ada di Kabupaten Cilacap sekarang di Kecamatan Maos Cilacap lalu berkembang ke Nusawungu serta sebagian desa di lokasi Cilacap sisi timur. Produksi Batik Cilacap dikelola oleh 2 grup usaha wanita Batik Rajasa Mas di Desa Maos Lor yang diketuai Euis Rohaini serta Kencana Desa Maos Kidul yang diketuai Ny Maryo. Menurut ceritanya, seni batik dibawa oleh golongan bangsawan yg datang ke Maos lebih kurang pada era ke-18 serta konon tuturnya Batik Maos adalah karya warisan saat Pangeran Diponegoro. Dari waktu itu, seni batik mulai dikenalkan serta sampai sekarang ini di kenal dengan Batik Maos.

Produk batik mencatat tradisional asli Cilacap cukup diminati beberapa kolektor batik di Asia Tenggara, Korea, Jepang serta Eropa. Saat ini produk itu juga telah dapat didapati di Julia Van Causal Boutiq, Toohool Boutiq serta Sossumi Boutiq di London, Inggris serta beberapa butik di Belanda. Tidak hanya laku di pasaran Internasional, Batik Maos, Cilacap sekarang ini mulai digemari kelompok pejabat seperti DPRD Provinsi Jawa Tengah yang sudah pesan sejumlah 100 potong. Beberapa butik artis di Jakarta juga jual batik ini, diantaranya Angelina Sondakh Boutiq, Ida Royani Boutiq serta Oskar Lawalata Boutiq. Batik khas Cilacap sudah diikutkan dalam event pameran di Kuching, Serawak Malaysia yg berjalan pada tanggal 8-15 Juli berbarengan dengan produk lain dari 50 negara. Indonesia jadi satu diantara peserta dengan kirim delapan perajin serta Batik Cilacap jadi satu-satu wakil Indonesia dalam event internasional itu. Pernah ada wacana yg berkembang bahwasanya bakal nampak tren fashion Indonesia dengan Batik Cilacap di tahun 2009. Harga Batik Maos, Cilacap beragam bergantung corak, motif, tingkat kesusahan dan tipe kain yg digunakan.

Seperti Batik Solo serta Pekalongan yg memiliki ciri khas, Batik Cilacap mempunyai pilihan warna classic sebagai ciri khas Batik Maos yaitu coklat, hitam serta putih dan warna – warna yang berani, yakni biru, hijau, atau kuning. Untuk motifnya, biasanya mengambil motif lingkungan seperti tumbuh-tumbuhan, binatang, serta benda-benda alam yang lain seperti motif klasik (Gandasuli, rujak sente) serta motif kontemporer (tumbuhan khas Cilacap : motif buah jeruk, buah gowok, tumbuhan, serta sungai Serayu). Beberapa orang Eropa lebih suka pada motif klasik dengan warna alami seperti kulit mahoni serta jalawe.

Cilacap mempunyai potensi Batik Maos yang sudah mendunia ini, adalah satu kekayaan warisan luhur budaya bangsa yang butuh dilestarikan. Oleh karenanya dibutuhkan usaha untuk mendukungnya, umpamanya dengan mengikutsertakan dalam pameran-pameran baik nasional ataupun internasional, memperluas pemasaran produk, menanggung tersedianya tersedianya bahan baku serta yang mutlak yaitu dikerjakannya pergantian beberapa pembatik lantaran sampai kini condong dikerjakan oleh generasi tua.

Source https://umkmjogja.com/ https://umkmjogja.com/batik-tulis-cilacap-yang-telah-mendunia.html
Comments
Loading...