Batik Tulis Blimbing Malang Diminati Sampai Mancanegara

0 279

Batik Tulis Blimbing Malang Diminati Sampai Mancanegara

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki batik dengan motif yang berbeda-beda, tidak terkecuali Batik Tulis Blimbing yang ada di Kota Malang. Menurut Ima salah satu pengelola usaha Batik Blimbing, menjelaskan bahwa terdapat dua motif batik yang menjadi ciri khas Batik Blimbing. Diawali dengan Motif Buah Blimbing yang sesuai dengan nama lokasi usaha batik ini berada yaitu di Jalan Candi Jago No.6 Kecamatan Blimbing Kota Malang.

Seiring dengan berjalannya waktu, untuk mengangkat Kota Malang yang juga terkenal dengan Topeng Malangan, sehingga kemudian dibuatlah desain Motif Batik Topeng Malangan sebagai icon Kota Malang. Ima menceritakan bahwa usaha batik ini dirintis oleh Ibunya yaitu Wiwik Niarti (51) pada tahun 2009. Dulu pada tahun tersebut Ibunya mengikuti pelatihan batik tulis di Blimbing yang diadakan oleh pemerintah. Pelatihan tersebut diadakan Pemerintah Kota Malang untuk meningkatkan potensi dan perekonomian warga Blimbing melalui Ibu-ibu PKK. Dari situ kemudian Wiwik Niarti bersama dengan Ibu-ibu PKK yang lain memulai usaha Batik Tulis.

Namun karena kendala personal dari Ibu-ibu PKK, akhirnya Ibu-ibu ini lepas satu persatu. Karena usaha batik tulis blimbing sudah berjalan, akhirnya Wiwik Niarti pada sekitar tahun 2010 memberanikan diri untuk terus menekuni usaha batik tulis secara mandiri yang kini menjadi usaha keluarga. Setiap anggota keluarganya memiliki tugas dan peran masing-masing. Ibunya selain sebagai pemilik, juga berperan sebagai desainer. Sedangkan Ayahnya bertugas sebagai administrasi dan dirinya sendiri berperan sebagai pengelola yang bertanggung jawab mulai dari produksi sampai dengan pemasaran, ucapnya.

Untuk cara pemasarannya dirinya biasa menggunakan media online, pameran dan juga bekerjasama dengan pemerintah baik pemerintah daerah maupun pemerintah Provinsi. Untuk produksi Batik Tulis Blimbing selain sudah dipasarkan di wilayah Indonesia, juga sudah menembus pasar Thailand, Singapura dan juga Malaysia meskipun kapasitas pemesanannya belum terlalu banyak.

Batik Blimbing merupakan Batik tulis yang biaya produksinya cukup tinggi sehingga harga kain batiknya lebih mahal dibanding jenis batik yang lain.  Harga satu potong kain batik dengan ukuran 225 cm berkisar Rp. 300.000 sampai Rp. 500.000 per potongnya, untuk omzetnya sendiri per bulan kurang lebih Rp. 10.000.000. Selain menjual batik, Ima juga sering mengadakan pelatihan pembuatan batik yang sering diikuti oleh orang-orang dari Mancanegara.

Source Batik Tulis Blimbing Malang Diminati Sampai Mancanegara Batik
Comments
Loading...