Batik Tulis Asli Kraton Yogyakarta, Eksklusif

0 17

Batik Tulis Asli Kraton Yogyakarta adalah sebuah batik tulis tradisional yang hidup di lingkungan Kraton Yogyakarta dari jaman dulu sampai sekarang yang mempunyai ciri khas dalam tampilannya yang mencolok dengan pola geometris yang khas yang diperkaya dengan parang dan nitik. Batik Tulis ini dalam proses pembuatannnya dapat disaksikan dan dinikmati siapa saja yang datang ke Kraton Yogyakarta, karena dalam proses pembuatan Batik ini disajikan untuk pariwisata Kraton Yogyakarta. Ini disajikan disalah satu pendopo Kraton Yogyakarta mulai dari jam 9.30-15.00 Wib.

Proses pembuatan Batik yang mendasar pada Batik Tulis Asli Kraton Yogyakarta ini adalah di media sebuah kain dengan ukuran 2 X 0.6 M, yang pertama adalah pensil dulu, kemudian dipola, dicanting, di klowong, diisi (dititik) baru kemudian di tembok (diblok) baru kemudian dikelir atau diwarna. Proses satu kain pada Batik Tulis ini dapat diselesaikan selama 3 bulan dari proses awal sampai akhir jadi. Berbagai motip yang dibuat di pendopo ini mulai dari motip sidomukti, sido luhur, wahyu temurun, parang barong dan trumtum.

  

Bahan dasar dari Batik Tulis ini mulai dari malam (sarang lebah), gondorukem, pewarna batik mulai dari sintesis sampai warna asli alam mulai dari soga tegeran, soga tinggi, soga jambel, indigo, mengkudu, kuyit dan daun mangga. Sedangkan alatnya mulai dari kompor, wajan, gawangan, kain putih, meja kayu, canting, taplak, bandul dan bangku. Canting sebagai alat dari Batik Tulis yang berfungsi untuk melukis motip batik dengan menggunakan malam dan jenis canting juga bermacam-macam dengan fungsi yang berbeda-beda. Seperti canting yang digunakan untuk nembok, klowong, isen-isen, cecek dan tarap dua atau untuk garis double di pinggir kain.

Para pembuat batik Tulis yang ada di Kraton Yogyakarta ini sering di panggil untuk dijadikan tutor untuk berbagi ilmu tentang Batik Tulis di daerah-daerah Indonesia, bahkan sering juga mereka mewakili Indonesia untuk pameran Batik Tulis di luar negeri seperti di Jepang, Amerika, Australia dan Negara-negara Eropa dimana mereka tidak saja memamerkan Batik saja tapi juga berkolaborasi dengan daerah lain seperti Lombok yang terkenal dengan kain songketnya. Untuk harga di dalam Kraton Yogyakarta tergolong lebih murah dibandingkan dengan yang di luar Kraton dengan kualitas yang sama. Harga mulai dari Rp. 500.000 sampai Rp.1.250.000. Bandingkan dengan diluar Kraton yang harganya mencapai jutaan rupiah.

Selain membeli kita juga bisa bertanya atau berinteraksi dengan para pembatik disini. Kita akan di jelaskan proses Batik Tulis Asli Kraton Yogyakarta yang sangat rumit ini dari awal sampai jadinya. Memang proses pembuatan batik Tulis ini sangat rumit dengan corak dan motip yang sangat rumit selain itu juga waktu pengerjaannnya sangat lama, kesemuanya ini dikerjakan secara manual memakai tangan. Corak Batik Tulis  sangat mempertahankan corak klasik dan khas gaya Kraton Yogyakarta yang kaya akan filosofi yang dapat menjadi symbol religi seperti motip sidomukti sebagai symbol kebahagian, trumtum sebagai symbol cinta. Selain itu mereka juga mengembangkan motip moden atau komtemporer jika ada pesanan seperti ini.

Banyak Negara-negara lain mengakui batik sebagai bagian dari warisan budaya mereka, seperti Malaysia, Cina, Australia, India bahkan Belanda dan Negara-negara Asia lainnya. Tapi ada klasrifikasi dari UNESCO yang tidak bisa dipenuhi oleh Negara-negara tersebut kecuali Indonesia. Ada 3 daerah di Indonesia yang ditanya  oleh UNESCO yaitu Solo, Pekalongan dan Lasem. Dan ketiga daerah ini jawabannya semua sama. Pertanyaan dari UNESCO sangat sederhana. Kamu belajar membatik dari siapa? Jawab, dari nenek atau ibu.

Kapan mulai membatik? Jawab, dari kecil. Inilah yang dijadikan dasar bagi UNESCO bahwa batik berasal dari Indonesia karena ke 3 daerah tersebut jawabannya sama semua. Sedangkan dari Negara-negara lain semua berbeda-beda. Maka pada tanggal 2 Oktober 2009 ditetapkan oleh UNESCO, bahwa Batik berasal dari Indonesia. Batik Tulis merupakan warisan Budaya yang adiluhung dan Kraton Yogyakarta melestarikan dengan memberikan media informasi bagi siapa saja yang ingin mengetahui dan belajar tentang Batik Tulis ini. Selain itu Batik Tulis di Kraton Yogyakarta untuk menarik wisatawan asing maupun local untuk datang dan membeli Batik Tulis ini. Ini merupakan bagian dari pelestarian dan pengembangan Batik Tulis yang ada di Indonesia khususnya di Yogyakarta.

Source https://myimage.id/ https://myimage.id/batik-tulis-asli-kraton-yogyakarta-eksklusif/
Comments
Loading...