Batik Tubo Ternate

0 1.510

Batik Tubo Ternate

Batik merupakan warisan budaya dari zaman kerajaan yang dimiliki oleh Indonesia. Batik sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara karena keindahannya. Bahkan, beberapa turis asing sangat senang mengenakan batik saat jalan-jalan ataupun acara yang lain. Batik yang disukai tidak hanya batik dari daerah Jawa tetapi juga batik dari luar Jawa. Seperti batik yang juga sangat indah yang berasal dari Maluku Utara yaitu batik Tubo Ternate.

Sejak tahun 2010, masyarakat Maluku Utara mulai berkarya menciptakan batik yang tidak kalah bagusnya dengan batik yang berasal dari Jawa. Prosesnya pun sama dengan batik pada umumnya, seperti menggunakan centing dan cap. Meski baru sekitar enam tahun diciptakannya batik Tubo – Ternate, saat ini banyak orang yang mencintai kain batik dari Maluku Utara ini.

Malaku Utara punya batik, yaitu Tubo – Ternate. Pengambilan nama batik Tubo sendiri adalah berasal dari sebuah kampung di Ternate dimana batik Ternate tersebut pertama kali di buat. Warga Tubo Ternate awalnya membuat batik tersebut sejak tahun 2010 dan setelah berjalannya waktu ternyata banyak yang suka dengan batik Tubo ini.

Ciri Khas Batik Tubo

Motif batik Tubo Ternate ini berbeda dengan batik pada umumnya. Ciri khas dari batik Tubo Ternate ini adalah adanya motif cengkeh, pala, peta Maluku Utara, kelapa, ikan dan karang serta kehidupan yang ada di Indonesia bagian Timur. Warna yang digunakan dalam batik Tubo Ternate pun beragam. Warna itu mulai dari warna hijau, merah, orange, kuning dan sebagainya.

Source Batik Tubo Ternate Batik
Comments
Loading...