Batik Trenggalek Motif Parang Cengkeh

0 1.192

Kabupaten Trenggalek merupakan sebuah wilayah di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pusat pemerintahan daerah berada di Kota Trenggalek. Trenggalek terletak kurang lebih 30 km dari Tulungagung. Indonesia terdapat banyak sekali ragam motif batik. Kekayaan ragam motif batik tersebut di dapat dari banyaknya daerah di Indonesia yang masing-masing memiliki corak batik khas yang lain dari daerah yang lainnya.

Motif batik tersebut tentu bukanlah sembarang motif melainkan mencerminkan jati diri suatu daerah. Begitupun dengan kabupaten Trenggalek yang memiliki beberapa motif batik yang khas yang tidak dimiliki daerah lain. Di antaranya adalah motif-motif cengkeh yang merupakan salah satu hasil perkebunan yang memang banyak dihasilkan di Kabupaten Trenggalek dan terbuatlah Motif Parang Cengkeh.

Motif Parang Cengkeh

Kata parang memiliki arti pereng atau tebing juga senjata tajam. Keduanya merupakan simbol ketajaman pola pikir yang dimiliki seorang pemimpin agar dapat mengendalikan lingkungannya. Susunan motif letter S jalin-menjalin tidak terputus melambangkan kesinambungan. Bentuk dasar letter S diambil dari ombak samudra yang menggambarkan semangat tidak pernah padam.

Motif cengkeh melambangkan hasil bumi utama di Kabupaten Trenggalek. Kedua motif ini dirangkai sedemikian rupa sehingga terlihat serasi dan harmonis. Motif Parang Cengkeh merepresentasikan sebuah pola pikir yang tajam yang seharusnya dimiliki oleh seorang pemimpin agar keputusan yang diambil atas setiap permasalahan dapat bijaksana dan baik untuk semua.

Source Batik Trenggalek Motif Parang Cengkeh Batik Trenggalek
Comments
Loading...