Batik Tradisional dan Batik Modern

0 196

Jenis Batik dilihat dari cara pembuatannya, ada dua jenis batik yaitu, Batik Tradisional dan Batik Modern. Batik Tulis termasuk kedalam Batik Tradisonal sedangkan Batik Cap, Batik Sablon dan Batik Printing termasuk kedalam jenis Batik Modern.

Batik adalah hasil karya seni budaya anak Bangsa Indonesia. Batik telah kembangkan oleh banyak orang dengan berbagai macam motif yang telah dibuat dengan berbagai macam cara. Sekarang banyak sekali motif yang disesuikan dengan model baju yang lebih modern.

Perbedaan dari Batik Tradisional dan Modern yaitu:

  1. Batik Tradisonal :Batik Tradisonal merupakan sebuah seni membuat titik atau garis yang membentuk sebuah motif yang susunan motifnya terikat dengan suatu aturan dan isen-isen tertetu. Memang ada banyak aturan tertentu yang harus dipatuhi dalam pembuatan susunan motif batik tradisional. Selain itu pembuatan batik tradisonal memang lebih sulit dan rumit bahkan memakan waktu yang cukup lama yaitu kurang lebih 2 sampai 3 bulan. Oleh karena itu Batik Tradisional memiliki sisi eksklusif yang lebih tinggi dan memiliki harga yang lebih tinggi atau mahal.
  1. Batik Modern : Batik Modern merupakan btaik yang cara pengerjaanya tidak terkait oleh aturan tertentu baik dalam hal pembuatan susunan motif atau warna yang digunakan. Maka dari itu Batik Modern lebih mudah dalam teknik pengerjannya dan lebih menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Batik Modern lebih menonjolkan sisi keindahan dan menyesuaikan dengan model baju yang lebih modern agar tidak terlihat kuno. Batik ini cenderung lebih mudah ditemui di pasaran dibandingkan keberadaan Batik Tradisional dan harganya pun tidak telalu tinggi atau mahal.
Source http://batikazizah.com http://batikazizah.com/baju-batik/batik-tradisional-dan-batik-modern/
Comments
Loading...