Batik Tirta Intanpari

0 277

Batik Tirta Intanpari

Seni batik Indonesia memang telah banyak diketahui oleh masyarakat dari berbagai wilayah dan juga negara. Kain batik Indonesia dengan berbagai macam corak dan juga pola yang indah terus menerus lahir dari tangan terampil dan cekatan para seniman batik di Indonesia. Motif batik Indonesia ini hadir dengan berbagai macam motif batik dan juga jenis batik yang berasal dari teknik pembuatan nya. Hal ini memberikan masyarakat banyak pilihan akan seni batik, untuk baju batik mahal dan kualitas terbaik dapat ditemukan pada kain batik tulis, sementara untuk batik yang harga nya menegah dan kualitas yang cukup bagus dapat kita jumpai pada batik cap.

Batik sekarang selain dibuat menjadi baju batik ternyata juga yang telah banyak di kreasikan menjadi berbagai macam benda seperti tas, sarung bantal, dompet, jaket dan berbagai macam busana dan aksesoris yang menggunakan kain batik sehingga menjadi sangat khas dan sangat Indonesia. Pemerintah Indonesia sendiri juga telah melakukan berbagai hal untuk dapat menjaga kelestarian seni batik. Berbagai macam acara digelar seperti pameran batik baik di Indonesia maupun di luar negeri. Selain itu pemerintah juga beberapa kali mengadakan perlombaan yang menyangkut seni batik. Beberapa diantaranya seperti lomba membuat desain batik, lomba mewarnai batik untuk anak dan juga lomba untuk menciptakan motif batik khas suatu daerah juga sering diselenggarakan. Salah satu lomba ini diadakan oleh pemerintah kabupaten Karanganyar yang mengadakan sayembara desain batik khas Karang anyar.

Perlombaan ini merupakan upaya untuk dapat menarik minat para seniman batik untuk turut serta dan berpartisipasi dalam membuat batik khas Karanganyar. Batik di daerah ini memang belum terlalu dikenal karena memang masih termasuk sebuah industri yang baru. Tetapi seni batik di daerah ini siap untuk berkembang dan telah menyiapkan motif batik khas mereka. Motif batik yang menjadi juara pada sayembara tersebut adalah motif batik yang memiliki nama Batik Tirta Intanpari. Motif batik ini telah menjadi hak milik pemerintah dan nantinya akan dipakai sebagai seragam pegawai di lingkungan pemerintah kabupaten Karanganyar.

Source Batik Tirta Intanpari Batik
Comments
Loading...