Batik Tikar Serasan Di Natuna

0 51

Batik Tikar Serasan Di Natuna

Batik Tikar Serasan merupakan hasil rancangan disainer kondang Alm.Ramil. Alm.Ramil memproduksi batik itu karena terinspirasi oleh keelokan anyaman Tikar pandan hasil tangan terampil para pengrajin di Serasan-Natuna, salah satu produk unggulan khas Kepulauan Riau.

Pengrajin tikar pandan Lastri mengatakan bahwa Batik Tikar Serasan ini telah beberapa kali ditampilkan dalam berbagai acara pagelaran busana, baik yang digelar di Kepulauan Riau, Jakarta maupun di kota-kota mancanegara seperti kota Den Haag (Belanda), serta Berlin (Jerman).

Pembuatan batik khas Natuna ini sudah berkembang jauh sebelum Natuna menjadi kabupaten otonom. Namun baru tahun 2011 lalu, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Natuna di bawah kepemimpinan Hj Yusnani Ilyas Sabli, mematenkan motif pandan menjadi batik pandan khas Natuna.

kerajinan tikar kerasan sendiri telah ada lebih dari 150 tahun. hal ini mengacu pada usia perajin yang rata-rata 40 tahun dan adanya bukti satu lembar/bidang tikar yang berusia 150 tahun yang sampai saat ini masih utuh.

Tampilan batik tikar serasan dominan berwarna merah, hijau, ungu, kuning, bahkan hitam, batik tikar ini sudah dikenal terlebih dahulu di kalangan pejabat negara. Ani Yudhoyono, the first lady Indonesia merupakan salah satu penggemar batik Kepri ini.

Source http://riauberbagi.blogspot.co.id/ http://riauberbagi.blogspot.co.id/2016/01/batik-melayu-tikar-serasan-khas-kepri.html
Comments
Loading...