Batik Tiga Dara Andalan Garut

0 275

Batik Tiga Dara Andalan Garut

Dengan berjalannya waktu, lama-kelamaan Batik Garut mengalami penurunan, hal ini disebabkan oleh semakin pesatnya Batik Printing yang muncul, kurangnya minat generasi penerus pada usaha Batik Tulis, tidak tersedianya bahan dan modal, serta lemahnya strategi pemasaran.

Batik Garutan umumnya digunakan untuk kain sinjang (jarit atau kain panjang), namun berfungsi juga untuk memenuhi kebutuhan sandang dan lainnya. Bentuk Motif Batik Garut merupakan cerminan dari kehidupan sosial budaya, falsafah hidup, dan adat istiadat orang Sunda.

Batik Garut dengan motif khas yang diberi nama Tiga Dara. Batik ini menggambarkan stilasi gambar awan seperti batik mega mendung Cirebon. Namun penggambaran awannya sangat berbeda dengan megamendung. Awan digambarkan berkelompok-kelompok diselingi oleh hiasan flora.

Sebenarnya tidak ada hubungan khusus antara Batik Tiga Dara dengan filmnya, baik dalam motif maupun dalam hal produksinya. Penamaan tersebut muncul karena budaya masyarakat yang senang menggunakan hal-hal yang tengah populer. Film Tiga Dara yang kali yang begitu popular tak lepas dari penamaan batik tersebut.

Nama yang populer serta bentuk motif yang khas dan banyak disuka menjadikan motif ini terus berkembang dan terkenal dengan nama Batik Tiga Dara. Model penamaan seperti ini tidak hanya sekali terjadi di Garut. Ada motif batik garutan yang namanya Manuk Dadali dan Ayam den Lapeh, yang namanya diambil dari lagu tradisional populer.

Source Batik Tiga Dara Andalan Garut Batik
Comments
Loading...