Batik Tiga Arca Buddha

0 172

Batik Tiga Arca Buddha

Batik Motif Tiga Arca Buddha (Sakyamuni, Avalokitesvara dan Vajrapani) dibuat dengan model baju jumpsuit dengan kombinasi kain katun polos. Busana wanita ini cocok sebagai busana casual atau bersantai. Bahan yang digunakan dalam pembuatan Batik Motif Tiga Arca Buddha (Sakyamuni, Avalokitesvara dan Vajrapani) ini adalah kain mori primisima sebagai media batik dan kombinasi kain katun polos. Bahan pewarna yangdigunakan adalah zat remasol. Teknik pewarnaan menggunakan smok kenyuk dan smok celup.

Proses pembuatan batik ini menggunakan teknik batik tulis dan teknik pewarnaan smok. Adapun tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam pembuatan karya ini, seperti pembuatan desain, mewarna, memola atau menjiplak, mencanting, melunturkan dan melorod. Teknik pewarnaan pertama adalah teknik smok kenyuk dengan menggunakan warna remasol biru RSP, biru TQ, kuning FG, dan oranye 3R. Sebelum warna dikunci menggunakan larutan waterglass, kain terlebih dahulu dijemur dan ditaburi soda abu secara merata. Kemudian ditutup malam sesuai dengan pola menggunakan canting. Selanjutya kain dilunturkan menggunakan larutan zat sulfurit H2SO4 dan larutan soda abu. Setelah itu kain diwarna kembali menggunakan teknik smok celup dengan larutanremasol warna hitam B yang dicampur dengan oranye 3R dan kuning FG, lalu kain direntangkan untuk di smok dan ditaburkan soda abu lalu dikunci kembali menggunakan larutan waterglass. Setelah proses pewarnaan selesai, kain dijahit dengan model busana wanita yaitu jumpsuit dengan kombinasi katun polos bagian atasnya.

Batik ini dibuat dengan susunan motif yang seimbang dan berirama, dimana bagian bawahnya terdapat motif tiga Buddha utama dengan motif pendukung seperti tumbuhan, sedangkan bagian atas katun polos dikombinasi dengan aksen motif tumbuhan yang sama dengan bawahan. Motif ini diharapkan sesuai dengan makna yang terkandung dalam tiga arca Buddha yang terdapat pada candi Mendut, yaitu Sakyamuni dikenal sebagai dewa yang suci yang terletak di tengah. Avalokitesvara terletak di sebelah utara dikenal sebagai dewa penolong serta pemberi berkah, dan Vajrapani yang terletak di sebelah selatan dikenal sebagai dewa pemaaf.

Source http://eprints.uny.ac.id/45916/1/Lap.TAKS%20full.pdf
Comments
Loading...