Batik Tidar Magelang

0 104

Batik Tidar Magelang

Kota Magelang terkenal dengan getuk trio,namun Magelang ternyata juga memiliki kerajinan tangan batik yang unik, meski Batik Magelang belum banyak dikenal masyarakat Indonesia sebagaimana batik laweyan ataupun batik Lasem. Batik khas Magelang sesungguhnya tidak kalah dengan jenis batik dari daerah lainnya di Indonesia. Menariknya motif batik asal Magelang terinspirasi dari nama kampung dan ikon budaya yang memiliki legenda atau riwayat unik seperti Motif Banyeman, Ringin Anom, Kebon Polo, Kemirirejo, Gelangan, Mirikerep, Tidar, Mantiasih, Paten Jurang hingga Ikon Water Torm di alun-alun kota Magelang.

Kerajinan batik terus berkembang pesat, meski dari perjalanan sejarah Magelang nenek moyangnya tidak memiliki keahlian dalam membuat batik.  Kerajinan batik khas Magelang beragam corak motiknya salah satunya batik Bayeman dengan motif daun bayam atau batik watertoren dengan motif saluran air Belanda serta beberapa batik khas Magelang yang motif batiknya unik nan indah. Kerajinan batik yang ada dikawasan Magelang telah diproduksi kurang lebih delapan kelompok usaha yang terdiri :ibu rumah tangga, remaja putus sekolah bahkan bapak-bapak pun ikut serta dalam mengembangkan aneka motif batik khas Magelang yang motifnya banyak mengangkat legenda kampung di Magelang.

Batik khas Magelang yang dibuat oleh kelompok usaha bersama batik tidar misalnya mampu membuat Motif Batik Tidar yang eksotif kemudian uniknya pewarnaan Batik Tidar menggunakan bahan alami seperti kulit rambutan dan lainnya sehingga tak heran bila batik tidar banyak digemari oleh masyarakat Magelang.

Source https://java-promo.com/ https://java-promo.com/batik-tidar/
Comments
Loading...