Batik Terogong

0 70

Batik Terogong

Batik Betawi memiliki kekhasan ciri dan motif yang sangat berbeda dan tidak kalah menarik yang dapat menjadi keunggulan tersendiri. Warna-warna yang cerah, terang, dan bermotifkan gambar yang dekat dengan keseharian penduduk Jakarta, menjadikan Batik Betawi sebagai sebuah warisan budaya yang memiliki potensi untuk berkembang pesat.

Melalui Kompasiana Coverage Batik Betawi Terogong, yang diadakan di Hotel Best Western Premier The Bellevue yang terletak di Jalan H. Nawi No 1, Radio Dalam, Jakarta Selatan, pada 7 Oktober lalu terungkap sebuah upaya mengangkat batik Betawi menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri Provinsi DKI Jakarta.

Indri seorang perempuan berkerudung asal Terogong, tampak terlihat dengan tenang sedang membatik di atas kain putih terbentang, di area pameran Batik Betawi Terogong, yang ada di sudut lobby hotel. Di sisi kanannya terlihat kain batik Betawi Terogong yang telah jadi. Di sisi kiri, digantungkan sebuah pakaian pria dan wanita yang dibuat dari kain batik Betawi Terogong. Sosok boneka ondel-ondel laki-laki dan perempuan menegaskan kesan unsur asli Betawi.

Batik Betawi Terogong diambil dari sebuah nama kampung permukiman Terogong, Bersama dengan keluarganya, Siti Laela menghidupkan kembali batik Betawi Terogong sejak 3 tahun lalu. yang dihuni mayoritas masyarakat Betawi di Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Meski demikian, Laela mengakui hingga kini referensi literasi batik Betawi tidak berhasil dijumpai. Dia hanya mengingat pada tahun 1960-an, kaum ibu di wilayah Terogong sudah biasa membatik selain bertani. Sayangnya, memasuki era tahun 1970-an, batik Betawi yang dulu disebut batik Jakarta keberadaannya meredup. Barulah sejak 5 September tahun 2012, dengan memberdayakan para perempuan di wilayah sekitar, Batik Betawi Terogong tampil bergeliat menjadi penghasil batik Betawi terkemuka dengan mengusung tagline : Batik Betawi, ya Batik Terogong.

Source Batik Terogong Batik
Comments
Loading...