Batik Terinspirasi Budaya Jawa Berlaga di Slowakia

0 159

Batik Terinspirasi Budaya Jawa Berlaga di Slowakia

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah ada sejak zaman dulu yang patut dijaga kelestariannya. Untuk mewujudkannya, banyak hal yang bisa dilakukan, seperti mengenalkan batik ke beberapa negara. Hal ini pula yang kerap dilakukan oleh pioneer Batik Alleira. Setelah mengenalkan ke Roma, kini Alleira membawa batik ke Slowakia dalam acara Imperial Festival Mojmírovce by Luxury Magazine On pada 12 Oktober 2016 lalu.

Acara ini dilakukan untuk menghubungkan seni, budaya dan peluang bisnis bagi mitra dari beberapa negara berbeda, seperti Austria, Indonesia, India, Rusia, Israel, dan Ceko. Mengangkat tema Yavadvipa atau Jawadwipa dari bahasa sansekerta, Alleira Batik mengangkat kembali inspirasi kekayaan adiluhur budaya Jawa yang dihadirkan dalam tiga rangkaian. “Koleksi ini yang kami bawa ke Slowakia mengangkat tema Yavadvipa terinspirasi dari keagungan dan keindahan budaya bangsa ini. Koleksinya pun dibawakan oleh delapan model profesional dari Slowakia,” ujar Anita Asmaya. Dia menambahkan bahwa dalam setiap desain menampilkan keindahan warisan budaya Indonesia, yaitu batik khas Cirebon, Yogyakarta dan Jawa Timur yang dituangkan dalam berbagai material. Beberapa diantaranya, seperti kain tenun ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin), supersilk, katun, jacquard, taffeta, dan suede.

Sementara itu, potongan yang diterapkan dalam koleksi ini, seperti boxy, short jacketcoat hingga loose dress dikreasikan dari berbagai material dengan berbagai corak dan motif batik. Selain itu, ditampilkan pula berbagai gaya jumpsuit trendi, fitted dress, A line dress, crop top dan long coat.

Source https://www.viva.co.id/ https://www.viva.co.id/gaya-hidup/gaya/845018-batik-terinspirasi-budaya-jawa-berlaga-di-slowakia
Comments
Loading...