Batik Terbaik Soloraya Ada Di Girilayu Karanganyar

0 13

Batik Terbaik Soloraya Ada Di Girilayu Karanganyar

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawoto, mengatakan, Kabupaten Karanganyar sudah sepatutnya disebut sebagai Kabupaten Kreatif.

Pernyataan itu bukanlah tanpa alasan. Sejumlah pelaku ekonomi kreatif yang sudah meraup sukses ternyata bermukim di Kabupaten Karanganyar. Selain itu, Kabupaten Karanganyar juga mempunyai pengrajin gamelan dan wayang yang mendunia. Satu di antaranya adalah dalang kondang Ki Manteb Sudarsono.

“Wayang kita itu (nomor satu) se-Indonesia dan dunia karena di atas pak Manteb tidak ada lagi.”

“Dia mewakili Indonesia menerima penghargaan UNESCO, bahwa wayang itu diakui sebagi warisan Indonesia dan dunia,” tuturnya.

Untuk diketahui, UNESCO menetapkan wayang sebagai warisan dunia pada 7 November 2003. Keuntungan dari ekonomi kreatif juga merambat pada sektor kuliner. Saat lebaran lalu, pedagang sate kelinci yang berjualan di pinggir jalan bisa meraup untung hingga puluhan juta.

“Satu PKL sate kelinci dalam tiga minggu lebaran, itu laku 40 ribu tusuk. Penghasilan kotor yang dihasilkan mencapai Rp90 juta dalam tiga minggu,” ungkap Titis.

Catatan TribunSolo.com, penjual sate kelinci pada umumnya banyak ditemukan di Kecamatan Tawangmangu yang merupakan destinasi wisata di Soloraya. Laris manis usaha kuliner juga terlihat dari banyaknya jumlah pengunjung rumah makan.

Titis menyebut, jika wisatawan tidak terlebih dahulu membukukan beberapa rumah makan di Kecamatan Ngargoyoso, mereka dipastikan tidak akan mendapatkan tempat.

Terutama, rumah makan yang sudah mempunyai branding, semisal Rumah Makan Bali Ndeso yang berlokasi di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso.

Tak lupa Titis mempromosikan Desa Girilayu, Kecamatan Metesih yang menjadi sentra penghasil batik di Soloraya. “Batik terbaik se-Soloraya ada di Girilayu,” ujarnya.

Source http://solo.tribunnews.com http://solo.tribunnews.com/2018/07/25/kepala-disparpora-batik-terbaik-soloraya-ada-di-girilayu-karanganyar?page=all
Comments
Loading...