Batik Tembakau Kontemporer

0 371

Batik Tembakau Kontemporer

Batik dengan motif yang berasal dari temanggung salah satunya adalah motif baju batik karya Setyo Nugroho yang membuat motif berupa daun selanjar. Motif baju batik ini terlihat seperti alur jalan yang kemudian alur itu akan membelit daun tembakau. Motif baju batik ini menceritakan tentang aktivitas warga masyarakat Temanggung yang sering menjemur daun tembakau hasil panen mereka di pinggir jalan. Motif batik lainnya uang berasal dari Temanggung adalah motif baju batik dengan gambar daun kering yang menggambarkan beberapa potongan-potongan dengan motif daun-daunan tembakau dalam berbagai ukuran yang kecil. Motif ini memberi gambaran mengenai daun tembakau rajangan.

Batik Temanggung juga terus membuat inovasi dengan berbagai jenis Motif Batik yang kontemporer. Motif Batik merupakan bentuk pengembangan dari berbagai motif tembakau yang telah ada. Motif memberikan kombinasi terhadap berbagai motif batik yang ada dan dibuat untuk memenuhi permintaan pasar, hal ini disebabkan kebanyakan konsumen baju batik tidak hanya menyukai motif asli batik tembakau tetapi juga Motif Batik yang abstrak.

Para pengrajin batik sedang mengusahakan berbagai bahan perwarna batik yang diambil dari ekstrak daun tembakau untuk menggantikan pewarna kimia yang saat ini dipakai. Menyatukan antara Motif Batik Mbako dengan bahan pewarna yang berasal dari ekstrak daun tembakau adalah tujuan dari pembuatan pewarna ini.

Di Kota Jember juga mempunyai motif baju batik yang dapat ditemukan di sebuah desa yang bernama Sumberpakem, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember. Beberapa tahun terakhir ini seorang pengrajin baju batik yang bernama Mawardi mencoba untuk mempertahankan motif daun tembakau yang kemudian diyakini oleh masyarakat sekitar sebagai motif baju batik yang berasal dari Jember. Jember adalah kabupaten yang juga  dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai produsen tembakau yang cukup terkenal, sehingga bukan hal yang aneh bagi para pengrajin batik di daerah ini untuk berusaha membuat berbagai motif tembakau dan mempertahankannya sebagai motif baju batik yang menjadi ciri khas kota Jember.

Batik Sumberjambe sekilas terlihat hampir mirip dengan baju batik yang berasal dari daerah lainnya yang penuh dengan motif dan juga diperkaya oleh sentuhan tangan seni dari para pembatiknya. Batik Superjambe ini menjadi berbeda dengan beberapa motif batik yang kemudian dipadukan dengan berbagai motif daun tembakau. Harga baju batik wanita yang berasal dari Jember ini harganya relatif murahm dengan menggunakan bahan yang menggunakan kain katun dan juga kain sutra.

Source Batik Tembakau Kontemporer Batik
Comments
Loading...