Batik Tembakau Inovasi Daerah Khas Kabupaten Temanggung

0 463

Batik Tembakau Inovasi Daerah Khas Kabupaten Temanggung

Kabupaten Temanggung terkenal sebagai kota tembakau. Di mana tembakau memiliki peran yang sangat vital terhadap roda perekonomian di Kabupaten Temanggung. Hal ini disebabkan, mayoritas masyarakat Temanggung bekerja mencari rejeki dengan bertani tembakau. Tembakau srintil merupakan komoditas unggulan petani lereng sumbing yang mempunyai kualitas nomor satu dunia.

Sehingga “Tembakau dan Temanggung” bagai dua saudara kembar yang tidak dapat dipisahkan. Merasakan kepedulian yang begitu mendalam terhadap nasib para petani tembakau karena di depan rumahnya terbentang luas areal tanaman tembakau, yang notabene digarap oleh tetangga-tetangganya sendiri. Seorang warga Dusun Tegaltemu, Manding, Temanggung.

Akhirnya, tergerak hatinya untuk mencari solusi yang tepat untuk tetap melestarikan tanaman tembakau, dan pada tahun 2009 Bapak Iman Nugroho membawa kabar baik dengan mendirikan CV. Pesona Tembakau. Beliau mencetuskan ide untuk membuat batik bermotif tembakau, yang hingga kini menjadi ikon kebanggaan Kabupaten Temanggung.

Pembuatan batik ini merupakan penyesuaian lingkungan Kabupaten Temanggung sebagai salah satu penghasil tembakau berkualitas dan diharapkan menjadi inovasi daerah yang mampu mendongkrak roda perekonomian. Ide pembuatan Batik Tembakau sangat direspons positif masyarakat Temanggung. Bahkan, pemerintah daerah begitu mendukung dengan memberlakukan kebijakan, harus mengenakan seragam batik tembakau kepada para pegawai negeri sipilnya setiap seminggu sekali.

Sekarang ini Batik Tembakau banyak ditekuni oleh mayoritas anak-anak para petani tembakau yang telah mengikuti kursus membatik di Solo. Mereka merintis usaha membuat desain dan membatik, baik dengan teknik pewarna kimia atau cap maupun dengan pewarna alami. Pencitraan motif-motifnya berangkat dari relung kebudayaan irama alam yang berada di daerah Temanggung.

Ragam pesona alam mengenai flora dan fauna, budaya lokal, situs, pertanian, kuliner, dan karakteristik alam dan masyarakat sangat menarik untuk diangkat menjadi khasanah pencintraan terhadap batik tembakau itu sendiri. batik tembakau sudah menciptakan bermacam busana yang terdiri dari kerudung, baju pesta, baju hem, busana muslim, daster, telapak meja, kerajinan kayu motif batik serta berbagai macam model tas. Batik tembakau mampu melihat banyak potensi di Kabupaten Temanggung yang sangat besar, sebab kerajinan batik di Temanggung masih sedikit. Sehingga peluang pasarnya pun masih cukup luas.

Batik Tembakau memiliki peranan yang sangat penting guna membuka lapangan kerja baru khususnya kepada warga Temanggung dan sekitarnya, sebagai tambahan pendapatan secara ekonomis dan mengurangi angka pengangguran. Adanya pelatihan membatik yang dilakukan Pemerintah Daerah di sekolah-sekolah maupun kelompok ibu-ibu desa, tentu akan membawa dampak positif dalam melestarikan seni membatik itu sendiri, yang merupakan warisan leluhur dan budaya Indonesia yang telah diakui UNESCO. Kedepannya untuk Indonesia, dengan adanya batik tembakau Khas Kabupaten Temanggung diharapkan mampu menjawab permasalahan, bahwa tanaman tembakau tidak hanya tanaman yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Namun, merupakan tanaman yang memiliki manfaat dalam mendorong roda perekonomian suatu bangsa.

Source http://budi199207.blogspot.co.id/ http://budi199207.blogspot.co.id/2016/08/batik-tembakau-inovasi-daerah-khas.html
Comments
Loading...