Batik Temanggung Motif Sekar Mentari

0 224

Batik Temanggung Motif Sekar Mentari

Sekar artinya bunga sedangkan mentari juga berarti matahari. Bentukbentuk dasar motif ini berupa aneka bunga dan tanaman, motif ini mengandung makna kecantikan dan keindahan sehingga orang lain yang melihat akan terpesona. Bentuk dasar motif ini terdiri dari bentuk daun dan bunga tembakau, motif ini melukiskan indahnya bunga tembakau ketika terkena cahaya matahari. Batik ini digolongkan dalam motif kombinasi modern karena susunan motifnya hampir sama dengan motif batik tradisi yaitu, terdiri tiga bagian pada motifnya, yaitu motif utama, isen-isen dan motif tambahan.

Pada batik ini mempunyai motif utama yaitu stilisasi bentuk bunga dan daun tembakau, motif tambahan berupa garis-garis yang disusun membentuk bermacam-macam bidangbidang yang berjalur, sedangkan pada isen-isen karya ini menggunakan isen-isen bebas dalam pengisisan motif-motifnya seperti, rambutan, sawut, kembang kecer dan ukel. Pada pola batik tulis ini terlihat jelas dalam pengembanganya seperi pada struktur, penempatan motif-motif pada bagian depan ditempatkan secara bebas. Ini juga didukung dengan pengisian motif-motif dasar dengan isen yang bervariasi.

Pola dalam motif ini terdapat ritme yaitu banyaknya terjadi pengulangan pada garis, bidang dan arah pada motif hingga terjadi kesatuan pola motif. Pola yang terbentuk juga karena adanya gradasi dalam garis, arah, ukuran dan corak.

Komposisi pada pola adalah komposisi terbuka, karena bidang-bidang yang terisi motif merupakan bagian yang memberi kesan terus menerus, tersebar, meluas dari ruang komposisi. Pola pada karya ini tergolong keseimbangan asimetris karena terdiri dari unit-unit berbeda pada setiap sisinya dan tidak dimungkinkan terjadinya pengulangan motif terutama pada motif tambahan sehingga terdapat banyak variasi yang membuat motif ini terlihat lebih rumit, dinamis dan menarik perhatian. Dan dapat pula disebut keseimbangan simetris, karena dapat dilihat dari bagian motif tertentu terdapat bentuk pola motif yang sama besar berada di titik pusat, dan komposisinya diimbangi dengan bentuk motif yang lebih kecil mengelilingi motif utama.

Source http://eprints.uny.ac.id/17392/1/Berryl%20Raushan%20Fikri.pdf
Comments
Loading...