Batik Temanggung Motif Ron Mbako

0 220

Batik Temanggung Motif Ron Mbako

Motif Ron Mbako adalah motif yang menggambarkan daun tembakau, dimana motif utama ron mbako merupakan stilisasi dari bentuk daun tembakau. Unsur pembentuk motif ini berupa bentuk daun tembakau sebagai motif utamanya. Pada karya ini tidak menggunakan isen-isen dalam pengisisan motifnya. Motif utama ini dapat dikatakan stilisasi karena motif utama tersebut merupakan penyederhanaan dari bentuk tumbuhan tembakau yang hanya mengambil bagian daun tembakau.

Bentuk dasar motif utama tersusun atas berupa garis-garis lengkung yang disusun membentuk bidang non geometrik yaitu daun. Isian motif berupa garis-garis miring atau diagonal yang disusun sejajar mengikuti tekstur daun. Batik ini digolongkan dalam motif modern karena susunan motifnya ditempatkan secara bebas menyilang dan saling menumpang tanpa menggunakan motif tambahan sebagai penghiasnya.

Pada struktur, penempatan motif-motif tersebar diseluruh permukaan kain. Dalam pola ini terdapat irama yaitu banyaknya terjadi pengulangan (repetition) bidang, ukuran, corak dan arah pada motif hingga terjadi kesatuan motif yang dinamis (unity). Komposisi pada pola ini adalah komposisi terbuka, karena bidang-bidang yang terisi motif merupakan bagian yang memberi kesan terus menerus, tersebar, meluas dari ruang komposisi.

Source http://eprints.uny.ac.id/17392/1/Berryl%20Raushan%20Fikri.pdf
Comments
Loading...