Batik Temanggung Motif Mbako Sak Brayat

0 411

Batik Temanggung Motif Mbako Sak Brayat

Sak Brayat berasal dari bahasa Jawa yang berarti boyong atau dapat diartikan pindah dalam jumlah banyak pengikutnya, namun yang dimaksud disini Motif Mbako Sak Brayat adalah motif yang menggambarkan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan pertanian tembakau seperti: rigen mbako, batang tembakau, daun tembakau, bunga tembakau dan matahari.

Pada batik tulis ini juga merupakan motif pengembangan dari motif lereng karena penyusunan motif disusun sepanjang garis miring pada kain panjang dengan ciri khas terdapat mlinjon pada pembatas antar bidang yang diisi motif-motif utama. Pada struktur, penempatan seluruh motif-motifnya tersusun secara merata dan teratur dengan pola diagonal, yang paling dominan dari motif ini banyaknya terjadi pengulangan pada ukuran, corak dan arah pada motif hingga terjadi kesatuan motif yang statis.

Batik ini terlihat jelas dalam pengembangan penciptaan motifnya, ditinjau dari ide penciptaan yang belum ada dalam batikbatik sebelumnya, terdapat pula dalam penciptaanya bentuk-bentuk dasar motif mengambil unsur-unsur tertentu pada batik tradisi dan pada pola penyusunanyapun seperti motif batik tradisi yaitu Motif Parang atau Lereng.

Source http://eprints.uny.ac.id/17392/1/Berryl%20Raushan%20Fikri.pdf
Comments
Loading...