Batik Tekhnik Garam, Terbaru Dari Iwan Tirta

0 12

Nah teman teman pasti tau kan dengan yang namanya garam Masakan yang kita buat jika tanpa garam pasti rasanya akan hambar. Dan ternyata garam tidak hanya sebagai penambah cita rasa di tangan Era Soekamto sebagai direktur kreativitas Iwan Tirta Private Collection, dan ternyata garam juga dijadikan sebagai tekhnik pembuatan koleksi batik.

Iwan Tirta telah mewariskan kurang lebih dari 13 ribu motif yang telah terdokumentasikan didalam arsip Iwan Tirta.

Dan ternyata yang telah diungkapka oleh Era Soekamto bahwa mendian dari maestro batik tidak hanya mewariskan ribuan motif batik akan tetapi ratusan ragam dari tekhnik pembuatan batik lho. Dan saat ini khusus dari koleksi terbaru Iwan Tirta Private Collection, Era mencoba untuk mengeksplorasi dengan memakai tekhnik garam dalam proses membatik.

Kenapa sihh memakai garam ?? karena dalam garam dapat digunakan dalam mengabsorbsi jenis bahan kimia pada saat pewarnaan batik. Dan ternyata hasil warna yang dihasilkan membuat hasil kain jadi lebih unik dan lebih menarik.

Disisi lain Era juga mengaplikasikan memakai teknik ombre, disebut juga dengan tekhnik gradasi, tekhnik embro ini tidak mudah untuk merusak warna terang dari bulan batik.

Dan motif yang telah diberi tajuk Condrosengkolo itu adalah mempunyai cerita tentang keselarasan manusia dan alam semesta, dengan meengacu pada perhitungan waktu Jawa yang berbasis pada rotasi bulan.

Dan di koleksi Iwan Tirta terdapat 77 rancangan yang telah diluncurkan untuk perempuan ataupun yang laki laki. Meskipun mengambil motif yang sudah berusia puluhan tahun dan kuno akan tetapi semua dibuat dengan rancang dan desainan model yang modern dan cukup kekinian.

Source https://tabinaco.net https://tabinaco.net/batik-tekhnik-garam-terbaru-dari-iwan-tirta
Comments
Loading...