Batik Tegal Motif Tambangan

0 60

Batik Tegal Motif Tambangan

Keberadaan Batik Tulis Tegal dipengaruhi oleh Kerajaan Mataram, yaitu pada saat pelarian Raja Amangkurat I (Sunan Amangkurat Mas dari Keraton Kasunanan Surakarta) ke Tegal Arum. Disaat pelarian tersebut Raja Amangkurat I juga membawa beberapa pengikut yang diantaranya perajin batik. Perkembangan batik di Tegal semakin berkembang berkat “Sekolah Kepandaian Putri” dimana disalah satu mata pelajaran terdapat pelajaran membatik.

Sekolah tersebut didirikan pada tahun 1914 oleh R. A. Kardinah yang merupakan istri dari Bupati Tegal, R. M.  Sajitno Reksonegoro IX yang menjabat tahun 1908-1936. Batik tegalan sendiri dikenal dengan motif batik klasik dengan motif yang lebih tegas yang mencerminkan karakter orang pesisir. Batik tegalan memiliki kemiripan dengan batik Madura dari ketegasan motif. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Tambangan.

Motif Tambangan adalah motif yang menyerupai tambang yang menyilang dan membentuk belah ketupat. Sedangkan di dalam belah ketupat tersebut terisi dengan godongan, pacitan dan isen-isen yang berbeda-beda. Motif Tambangan menonjolkan bentuk tambang yang melintang dan penuh dengan isen-isen terlihat tumpang tindih bergantian, bentuk tambang di buat besar sehingga mendominasi motif ini, sedangkan penggarapan godongan, pacitan hanya pelengkap yang mengisi bagian diantara tambang tersebut.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/09/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-1/ http://bahankain.com/2015/05/27/mengenal-batik-tegal-batik-tegalan/
Comments
Loading...