Batik Tegal Motif Ropikoh

0 189

Batik Tegal Motif Ropikoh

Ada hal yang membedakan Batik Tegalan dengan batik daerah lainnya adalah penggunaan jenis cantingnya. Beberapa daerah lain, misalnya Solo dan Yogyakarta menggunakan bermacam-macam canting, dari canting lengkrengan yang bercorong besar, canting isen-isen yang diameter corongnya sedikit lebih kecil, hingga canting bercorong tujuh yang memungkinkan membuat lengkungan-lengkungan dengan jarak yang sama. Namun pembatik Tegalan masih terbatas pada penggunaan dua hingga empat macam canting. Akibatnya bisa dilihat pada hasil produksinya, yaitu lebih banyak garis atau titik-titik tebal dalam konstruksi ragam hiasnya. Aktivitas usaha Batik Tulis Tegalan di Kota Tegal dikelompokkan dalam sentra industri kecil-menengah di Kelurahan Kalinyamat Wetan, Bandung, Tunon, dan Keturen, wilayah Kecamatan Tegal Selatan.

Batik Tegalan hingga hari ini masih belum terlalu dikenal luas oleh publik. Padahal batik Tegalan memiliki karakteristik yang khas, mulai dari filosofi, motif, corak dan warnanya. Sejumlah pihak mulai mengkhawatirkan perkembangan Batik Tegalan yang semakin tenggelam padahal belum sempat berkembang pesat. Walaupun Batik Tegal kurang dikenal oleh masyarakat luas tetapi para perajin batik terus membuat banyak motif dan corak. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Ropikoh.

Batik Tegal Motif Ropikoh dengan menggunakan warna merah pada bentuk bunga menjadi pemanis motif ini. Garis-garis membayang yang dibuat siseluruh pemakaian kain batik dengan menggunakan warna putih kemerahan seakan mengikat bentuk-bentuk daun yang terolah dengan warna-warna harmonis menjadi kesatuan yang bermakna.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/09/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-3/ https://fitinline.com/article/read/batik-tegal/
Comments
Loading...