Batik Tegal Motif Poci

0 291

Batik Tegal Motif Poci

Aktivitas usaha batik tulis tegalan di Kota Tegal dikelompokkan dalam sentra industri kecil-menengah di Kelurahan Kalinyamat Wetan, Bandung, Tunon, dan Keturen, wilayah Kecamatan Tegal Selatan. Batik Tegalan hingga hari ini masih belum terlalu dikenal luas oleh publik. Padahal batik Tegalan memiliki karakteristik yang khas, mulai dari filosofi, motif, corak dan warnanya. Sejumlah pihak mulai mengkhawatirkan perkembangan batik Tegalan yang semakin tenggelam padahal belum sempat berkembang pesat.

Peran pemerintah daerah masih terbilang minimal, karena itu perlu dilakukan langkah-langkah strategis agar batik Tegal dapat disejajarkan dengan batik lainnya dalam dunia perbatikan nasional. Pemerintah daerah dapat melakukan intervensi dengan memfasilitasi terbangunnya pasar batik, misal melalui pameran, pemanfaatan batik sebagai pakaian dinas (Pemkot Tegal mawajibkan pegawainya mengenakan baju batik pada hari kamis), fasilitasi usaha antara pengrajin, pengepul, dan buruh pengrajin dalam skema program kemitraan inti-plasma, hingga fasilitasi teknologi dan manajemen usaha melibatkan lembaga pendidikan lokal, serta fasilitasi hak cipta Batik Tegal.

Salah satu motif batik yang dibuat oleh perajin batik di Tegal adalah Motif Poci. Poci merupakan alat tradisional khas Tegal yang digunakan untuk mencampurkan air dengan daun teh sehingga tercipta teh dengan kwalitas tinggi yang nikmat dan berbeda. Poci terbuat dari tanah liat. Motif ini adalah motif terbaru yang berasal dari kreatifitas masyarakat Kab. Tegal. Motif Poci saat ini menjadi motif yang wajib dimiliki para pegawai di Kab. Tegal.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/09/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-3/ https://fitinline.com/article/read/batik-tegal/
Comments
Loading...