infobatik.id

Batik Tegal Motif Poci Merah

0 35

Batik Tegal Motif Poci Merah

Ciri khas Batik Tegal didominasi warna cokelat dan biru. Ciri khas lainya adalah berwarna-warni. Batik tulis Tegal atau Tegalan dapat dikenali dari motif gambar atau motif rengrengan besar atau melebar. Motif-motif ini tidak dimiliki oleh kota-kota lain, sehingga motif batik Tegal ini menjadi ciri khas tersendiri. Motifnya banyak mengadopsi dari aneka flora dan fauna disekitar kehidupan masyarakat kota Tegal. Budaya pakaian batik di Tegal dibawa oleh raja Amangkurat 1 (Sunan Amangkurat Mas) dari Keraton Kasunanan Surakarta. Amangkurat yang saat itu menyusuri pantai utara membawa pengikutnya yang diantaranya adalah pengrajin Batik.

Para perajin batik di Tegal telah menggeluti batik secara turun-temurun. Awalnya bahan pewarna yang dipakai waktu itu berasal dari pewarna alam yang bisa didapat dari lingkungan sekitar, misal pace/mengkudu, nila, soga kayu dan bahan kainnya juga tenunan sendiri. Salah satu motif batik yang dibuat oleh perajin batik di Kota Tegal adalah Motif Poci.

Batik Tegal Motif Poci Merah adalah Motif Poci pemenang juara 1 lomba Krenova Kab. Tegal tahun 2012. Dengan backgroundnya berwarna merah bata dan aksen isen-isen serta bunga melati yang mengelilingi poci, membuat motif ini semakin elegan. Motif ini diramaikan dengan motif merak, daun teh yang bertebaran dan bunga kamboja berwarna merah.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/10/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-4/
Comments
Loading...