Batik Tegal Motif Merak Putih

0 225

Batik Tegal Motif Merak Putih

Warna batik Tegal pertama kali ialah sogan dan babaran abu-abu setelah dikenal nila pabrik, dan kemudian meningkat menjadi warna merah dan biru. Adajuga batik Tegal dengan warna dasar kain hitam dan putih yang didominasi warna coklat dan biru. Ciri khas lain batik Tegalan adalah berwarna-warni. Jika di daerah lain nama jenis batik ditentukan dari ragam hias utamanya, maka penamaan motif batik Tegalan sebagian besar justru berdasarkan motif latarnya (kecuali beberapa motif keratonan).

Bukan saja motif dan coraknya yang berbeda dari batik kota-kota lain, namun prilaku pembatik juga cukup menarik. Dulunya mereka membuat batik hanya untuk kebutuhan keluarga, terutama bila akan mempunyai hajat seperti perkawinan dan sunatan. Batik merupakan sumbangan yang berharga bagi acara-acara penting dalam keluarga. Salah satu motif batik adalah Motif Merak Putih.

Batik Motif Merak Putih adalah batik yang sudah berumur ± 30 tahun. Merak sebagai simbol keanggunan dibuat menjadi motif batik yang cantik. Motif ini merupakan ciri khas dari batik desa Pengabean. Dibuat dari 30 tahun yang lalu, tidak membuat batik ini memudar. Semakin lama justru semakin indah dan warnanya semakin terlihat cantik. Kain yang digunakan juga tidak sobek dan kusam, kwalitasnya tidak diragukan.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/10/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-4/ https://fitinline.com/article/read/batik-tegal/
Comments
Loading...