infobatik.id

Batik Tegal Motif Melati Mekar

0 18

Batik Tegal Motif Melati Mekar

Batik Tegalan hingga hari ini masih belum terlalu dikenal luas oleh publik. Padahal batik Tegalan memiliki karakteristik yang khas, mulai dari filosofi, motif, corak dan warnanya. Sejumlah pihak mulai mengkhawatirkan perkembangan batik Tegalan yang semakin tenggelam padahal belum sempat berkembang pesat. Peran pemerintah daerah masih terbilang minimal, karena itu perlu dilakukan langkah-langkah strategis agar batik Tegal dapat disejajarkan dengan batik lainnya dalam dunia perbatikan nasional.

Pemerintah daerah dapat melakukan intervensi dengan memfasilitasi terbangunnya pasar batik, misal melalui pameran, pemanfaatan batik sebagai pakaian dinas (Pemkot Tegal mawajibkan pegawainya mengenakan baju batik pada hari kamis), fasilitasi usaha antara pengrajin, pengepul, dan buruh pengrajin dalam skema program kemitraan inti-plasma, hingga fasilitasi teknologi dan manajemen usaha melibatkan lembaga pendidikan lokal, serta fasilitasi hak cipta batik Tegal.

Produksi Batik Tegalan umumnya dilakukan masyarakat secara kecil-kecilan dalam industri rumah tangga. Jumlah produksi pun biasanya didasarkan pada pesanan. Kapasitas produksi yang terbatas, disamping popularitasnya yang belum massif membuat batik Tegal baru beredar pada pasar lokal dan regional serta penjualan secara perorangan. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Melati Mekar.

Motif Melati Mekar didominasi dengan warna biru, coklat, merah dan putih. Bunga melati digambarkan mekar dan memiliki daun di sisinya. Dasarnya berbentuk seperti putik kembang yang melengkung. Keharmonisan alam terlambang dalam Motif Melati Mekar.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/10/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-4/
Comments
Loading...