Batik Tegal Motif Melati Kuncup

0 201

Batik Tegal Motif Melati Kuncup

Kabupaten Tegal memiliki lokasi yang strategis, karena berada pada jalur pantai utara (pantura) Jawa Tengah, terdapat persimpangan jalur utama yang menghubungkan pantura dengan kota-kota di bagian selatan Pulau Jawa. Sebagai kota yang letaknya strategis, Tegal tak luput dari daerah penyebaran batik di tanah Jawa. Batik pertama kali dikenal di Tegal yaitu pada akhir abad ke-19. Budaya batik di Tegal dibawa Raja Amangkurat I (Sunan Amangkurat Mas) dari Keraton Kasunanan Surakarta.

Amangkurat yang saat itu menyusuri pantai utara membawa pengikutnya yang diantaranya perajin batik. Perajin ini akhirnya menurunkan ilmunya pada anak cucunya dan meluas ke masyarakat. Batik yang dibuat motifnya masih meniru motif-motif khas keraton yaitu didominasi warna hijau dan kecokelatan. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Melati Kuncup.

Melati digambarkan dengan sangat cantik dalam Motif Melati Kuncup. Melati yang menyimbolkan kesucian, di beri aksen warna merah dan putih. Melati digambarkan kuncup dan sudah mekar, serta diberi godongan melati yang disambung dengan batangnya. Terinspirasi dari banyaknya petani Kabupaten Tegal yang nyawah melati sebagai bahan baku teh.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/09/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-3/ https://fitinline.com/article/read/batik-tegal/
Comments
Loading...