Batik Tegal Motif Lolak Batu

0 182

Batik Tegal Motif Lolak Batu

Batik Tegal memiliki banyak sekali ragam hias dan kaya akan motifnya. Menurut para pengrajin yang ada di Bengle Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Pengrajin Batik di Tegal dimulai oleh leluhurnya yang kemudian menyebar ke beberapa daerah sekitar Tegal seperti di Dukuh Benda Kecamatan Pangkah Kab. Tegal, Desa Dukuh Salam Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal dan di desa Kalinyamat Wetan Kecamatan Tegal Selatan.

Dari data yang diperoleh ada ratusan motif batik tegal yang memiliki nama macam-macam namun sebagian sudah tidak diproduksi lagi karena sulit memperoleh desain aslinya. Hal ini dikarenakan belum tersedianya musium batik di Tegal. Terhambatnya perkembangan batik tulis di Tegal juga dikarenakan penyebutan yang salah terhadap kreatifitas seni masyarakat pesisir yang memiliki nilai agung ini.

Salah satu motif batik yang dibuat oleh perajin batik di Kabupaten Tegal adalah Motif Lolak Batu. Aksen pinggiran batik dibuat seperti batu bertumpuk-tumpuk. Diatasnya motif tumbuhan dengan aksen bunga dan dedaunan berbagai macam bentuk. Rumput diubah menjadi motif yang cantik dan menjadi berbagai macam bentuk, sedikit bergelombang dan pucuk lancip.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/09/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-2/ https://siskaditya28.wordpress.com/2014/12/05/makna-filosofi-pada-batik-tegal-oleh-ki-tapa-kelana-alias-nurochman-sudibyo-ys/
Comments
Loading...