Batik Tegal Motif Krikilan

0 31

Batik Tegal Motif Krikilan

Batik Tegalan sudah dikenal berabad lamanya di kota – kota besar di Indonesia. Pada masa lalu Tegal pernah menjadi sentra batik sezaman dengan Pekalongan. Menurut penuturan Ibu Nur Anisa Amini (salah seorang pemerhati sekaligus pelaku usaha batik Tegalan), Tegal pada masa lalu merupakan daerah pemasok batik bagi Pekalongan. Batik Tegalan waktu itu sudah dipasarkan oleh para pengrajin sampai ke luar daerah, antara lain ke Jawa Barat. Mereka inilah yang menurut sejarah kemudian mengembangkan batik di Tasikmalaya dan Ciamis, di samping pendatang-pandatang lainnya dari kota-kota batik di Jawa Tengah.

Perkembangan Batik Tegalan sempat mengalami pasang surut, pada waktu krisis ekonomi melanda dunia kegiatan pembatikan di Tegal ikut lesu dan baru bangkit kembali sekitar tahun 1934. Dan ketika Jepang masuk ke Indonesia pembatikan di daerah Tegal sempat mati lagi, namun kini Batik Tegalan tengah bangkit kembali seiring dengan tren batik yang sedang berkembang. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Krikilan.

Nama pada Batik Tegal Motif Krikilan diambil dari berdasarkan pacitan-nya yaitu berupa krikilan (batu- batu kecil) yang memenuhi ke seluruh permukaan kain batik diantara godongannya (daunnya). Motif Krikilan menggunakan godongan berupa bentuk burung, daun dan bunga yang tersusun dengan keseimbangan yang matang. Bentuk burung digarap dengan ketelitian yang tinggi serta dengan mempertimbangkan segi-segi keharmonisan terutama dalam perwarnaan.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/09/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-1/ http://pelangiilmu99.blogspot.co.id/2015/09/batik-tegalan.html
Comments
Loading...