Batik Tegal Motif Kitiran

0 86

Batik Tegal Motif Kitiran

Batik merupakan salah satu budaya asli milik bangsa Indonesia yang telah berkembang sejak lama. Kerajinan batik telah berkembang dan tersebar di berbagai wilayah yang ada di tanah air. Batik juga berkembang di sepanjang daerah pesisir bagian utara pulau Jawa. Batik yang berkembang di daerah pesisir ini lantas disebut dengan istilah “batik pesisiran”.

Salah satu daerah yang  turut mengembangkan kerajinan batik pesisiran di tanah air yaitu Tegal. Kegiatan pembatikan di Tegal sendiri sudah berkembang cukup lama, yaitu sejak akhir abad ke-xix. Pewarnaan batiknya saat itu masih menggunakan pewarna alami buatan sendiri yang berasal dari tumbuhan seperti: pace (mengkudu), nila, dan soga kayu. Warna Batik Tegal awalnya hanya sogan dan babaran abu-abu, namun setelah dikenal nila pabrik warnanya kemudian meningkat menjadi warna merah-biru. Sedangkan untuk bahan kainnya menggunakan kain tenun buatan sendiri. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Kitiran.

Nama yang terdapat pada Batik Tegal Motif Kitiran diambil dari bentuk pacitannya yaitu pembuatan pacitan menyerupai bentuk kitiran yang sedang berputar. Pembuatan pacitan seluruhnya berupa kitiran, sedangkan bentuk godongannya berupa manukan (burung) dan daun dengan penggarapan isen-isen yang bervariasi.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/09/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-1/ http://pelangiilmu99.blogspot.co.id/2015/09/batik-tegalan.html
Comments
Loading...