infobatik.id

Batik Tegal Motif Kepyuran

0 21

Batik Tegal Motif Kepyuran

Batik Tegalan sendiri dibawa oleh raja Amangkurat 1 ( 1645-1674 ) yang melarikan diri ke Tegal disaat perang Trunojoyo. Batik tegalan mengalami banyak perkembangan, dari pewarnanya yang masih sederhana yaitu pewarna alam dengan memanfaatkan buah mengkudu, nila, soga dan kayu dan untuk kainnya, kain batik ditenun sendiri  sampai mengenal pewarna impor dari bahan kimia, dan kainnya pun berkembang menjadi kain mori yang dikenalkan oleh para pedagang Cina.

Batik Tegalan memiliki ciri khas sendiri dan berbeda dari daerah lain yang pertama bisa dilihat dari warna dari kain batiknya yang mencolok dan mendominasi warna coklat (soga) dan hijau. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Kepyuran.

Motif Kepyuran terkenal dengan motif hewan air, karena motif ini godongan-nya berupa hewan-hewan air seperti: gurita, kepiting, ikan dan lain-lain. Sedangkan pacitan-nya yaitu kepyuran berupa titik-titik yang bertebaran diantara godongan, dari pacitan itulah nama motif ini diambil. Motif ini tergolong banyak disukai konsumen terutama didaerah Brebes. Warna yang digunakan pada motif ini yaitu warna ungu sebagai warna dasar, sedangkan godongan-nya dengan warna biru, hijau dan krem.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/09/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-2/ http://batiktegalan.weebly.com/pengertian-batik-tegalan.html
Comments
Loading...