Batik Tegal Motif Keliran

0 181

Batik Tegal Motif Keliran

Para perajin batik di Tegal telah menggeluti batik secara turun-temurun. Awalnya bahan pewarna yang dipakai waktu itu berasal dari pewarna alam yang bisa didapat dari lingkungan sekitar, misal pace/mengkudu, nila, soga kayu dan bahan kainnya juga tenunan sendiri. Aktivitas usaha batik tulis tegalan di Kota Tegal dikelompokkan dalam sentra industri kecil-menengah di Kelurahan Kalinyamat Wetan, Bandung, Tunon, dan Keturen, wilayah Kecamatan Tegal Selatan.

Batik Tegalan hingga hari ini masih belum terlalu dikenal luas oleh publik. Padahal batik Tegalan memiliki karakteristik yang khas, mulai dari filosofi, motif, corak dan warnanya. Sejumlah pihak mulai mengkhawatirkan perkembangan batik Tegalan yang semakin tenggelam padahal belum sempat berkembang pesat. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Keliran.

Motif Keliran merupakan perpaduan dari berbagai macam motif. Motif Godongan, kembang melati, kembang mawar dan garis yang saling silang terlihat seperti rajeg. Semua motif kemudian dikelir dengan warna merah yang berani dan diberi sedikit warna putih disetiap pinggirnya.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/10/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-4/
Comments
Loading...