Batik Tegal Motif Kapal Sender

0 40

Batik Tegal Motif Kapal Sender

Batik yang berkembang di Tegal adalah batik keraton, hal ini karena kegiatan pembatikan pada saat itu di lakukan oleh para pengawal raja Amangkurat I yang mengungsi ke Tegal. Namun dalam perkembangan berikutnya, batik yang berkembang di Tegal adalah batik dengan corak pesisiran. Flora dan fauna serta aktivitas yang terjadi di lingkungan mereka turut menjadi inspirasi dalam motif batik yang mereka buat.Batik yang berkembang di Tegal lantas biasa disebut dengan istilah ”Batik Tegalan” oleh masyarakat. Penyebutan istilah “Batik Tegalan” menurut beberapa sumber yaitu mengacu pada kata “Tegal” di mana batik ini berasal dan dibuat.

Jadi Istilah “Tegalan” di sini tidak mempunyai makna khusus,  selain hanya untuk menunjuk keberadaan batik yang asli dan khas Tegal. Namun secara harfiah kata “Tegalan”  berarti kebun atau ladang. Menurut sejarah penamaan daerah Tegal sendiri terkait dengan kelahiran daerah ini yaitu di mana saat itu daerah ini masih berupa Tegalan (istilah masyarakat untuk menyebut lahan pertanian yang tidak menggunakan saluran irigasi). Salah satu motif batik yang dibuat oleh perajin batik di Kota Tegal.

Pembuatan Motif Batik Kapal Sender terinspirasi dari wilayah Kabupaten Tegal yang merupakan wilayah pesisir. Kapal sender mencerminkan kehidupan para nelayan. Setelah melakukan miyang (berlayar), para nelayan menyenderkan (menyandarkan) kapalnya di tepi pesisir (pantai). Warna dasar berwarna putih dan dihiasi dengan godongan dan kapal sender warna coklat dan hitam menandakan keharmonisan alam.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/09/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-2/ http://pelangiilmu99.blogspot.co.id/2015/09/batik-tegalan.html
Comments
Loading...