Batik Tegal Motif Kacangan

0 180

Batik Tegal Motif Kacangan

Sekarang ini Batik Tegalan sudah makin banyak populer dan makin diminati. Hal ini juga tidak terlepas dari upaya Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tegal yang terus mendorong memajukan usaha batik di Tegal. Jika dilihat dari motif dan corak, Batik Tegal memiliki motif dan corak yang tidak kalah dengan Batik Pekalongan, Batik Solo maupun Batik Jogja.

Batik Tegalan sendiri dikenal dengan motif batik klasik dengan motif yang lebih tegas yang mencerminkan karakter orang pesisir. Batik Tegalan memiliki kemiripan dengan batik Madura dari ketegasan motif, tetapi batik tegalan ini lebih luwes dalam gerakan cantingnya. Bahan yang digunakan untuk pewarna batik tulis tegal menggunakan bahan-bahan alami antara lain menggunakan pewarna dari  soga kayu, mengkudu, dan nila.

Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Kacangan. Dikatakan motif kacangan karena motif ini berbentuk seperti kacang yang saling sambung satu sama lain. Layaknya kacang yang baru dipanen belum dipreteli sehingga masih menyambung dengan akarnya. Warna dasarnya berwarna hijau tua layaknya daun pohon kacang yang siap memberikan asupan makanan pada kacangnya.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/09/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-2/
Comments
Loading...